Tinjauan hukum Islam terhadap praktik ganti rugi jasa cleaning sepatu di SOC Clean Surakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakiem, Arif Rahman (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik ganti rugi jasa cleaning sepatu di SOC Clean Surakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Rahman Hakiem_C92214141.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arif Rahman Hakiem_C92214141_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat kualitatif yang bertempat di SOC Clean Jalan Temugiring No.45 Kecamatan Laweyan, Kabupaten Surakarta dengan wawancara dan observasi. Data yang didapat dianalisis dengan metode pendekatan deduktif. Dalam hal ini menggunakan teori ija>rah dan ganti rugi dalam hukum Islam yang dikaitkan dengan praktik ganti rugi yang terjadi pada SOC Clean selanjutnya diambil hukum Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pemberian ganti rugi tersebut SOC Clean akan membelinya dengan harga sepihak, sehingga customer tidak dapat menetapkan harga sesuai keinginannya. Namun dalam pembelian sepihak tersebut pihak SOC Clean dalam menetapkan jumlah harga mengacu pada harga second yang sesuai di media sosial atau online shop semacamnya. Adapun menurut hukum Islam praktik ganti rugi yang diterapkan oleh pihak SOC Clean tidak menyimpang dari hukum Islam. Sejauh dalam penentuan harga tersebut masih menerapkan besaran nilai yang sama, sesuai dengan kaidah fiqh al-kharaj bidhaman.Sejalan dengan hasil penelitian diatas, penulis memberikan saran terutama kepada pemilik SOC Clean hendaknya dalam transaksi selanjutnya memberikan keterangan terkait ganti rugi apabila terjadi kerusakan pada barang customer. Adapun untuk para customer SOC Clean hendaknya menanyakan diawal mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku di SOC Clean apabila terjadi kerusakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakiem, Arif Rahmanarifrahmanhakiem9@gmail.comC92214141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Hukum Ekonomi
Pemasaran
Perusahaan Perdagangan
Keywords: Ganti rugi; jasa cleaning sepatu; SOC Clean Surakarta
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Arif Rahman Hakiem
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:30
Last Modified: 29 Aug 2024 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73044

Actions (login required)

View Item View Item