Akuntabilitas kinerja dinas sosial dalam distribusi bantuan sosial bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yolanda, Aretta (2024) Akuntabilitas kinerja dinas sosial dalam distribusi bantuan sosial bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aretta Yolanda Agnes Patricia_I01219007.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aretta Yolanda Agnes Patricia_I01219007_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap tata cara kinerja Dinas Sosial dalam mengemban tugasnya, terutama untuk penyandang difabel yang sangat membutuhkkan. Adapun rumusan masalah dari Penelitian ini adalah Apa saja program bantuan sosial yang disalurkan Dinas Sosial kepada masyarakat penyandang disabilitas dan Bagaimana akuntabilitas Dinas Sosial dalam melaksanakan program bantuan sosial bagi masyarakat penyandang disabilitas. Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi dengan menggunakan teori utamanya teori akuntabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu Proses program implementasi ini dalam kegiatan bantuan bagi penyandang disabilitas berat dapat meliputi tahap sosialisasi dengan penyampaian tentang adanya informasi dan penjelasan tentang pelaksanaan kegiatan pengenalan ini dalam bantuan bagi penyandang disabilitas berat melalui skema yang telah direncanakan oleh pihak pemerintah pada pertemuan sosialisai yang sesuai dengan pelaksanaan yang telah direncakan dalam waktu yang telah ditetapkan di setiap wilayah kecamatan. Hasil dari seleksi yang dipilih selanjutnya akan dikirim ke Kementiran Sosial sebagai bahan pertimbangan evaluasi. Akan tetapi, tentu semuanya tidak semulus yang diharapkan karena ada beberapa Masyarakat yang masih menyatakan bahwa pemberian ini belum merata dan hanya pihak – pihak tertentu saja yang mendapatkannya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kinerja Dinas Sosial yang buruk dalam memberdayakan penyandang disabilitas, hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa jumlah bantuan yang diberikan tidak sesuai dengan jumlah individu dalam kelompok penyandang disabilitas. Salah satu penyebab masih adanya masyarakat yang membutuhkan bantuan namun belum mendapatkannya adalah keterlambatan pemutakhiran data dengan data masyarakat dari pihak desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yolanda, Arettai01219007@student.uinsby.ac.idI01219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noornoorrohman@gmail.com2019108501
Subjects: Fasilitas Umum
Keywords: Disabilitas; akuntabilitas; kinerja; dinas sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email arettay@gmail.com
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:58
Last Modified: 30 Aug 2024 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73053

Actions (login required)

View Item View Item