Peran kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 28 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Rochanita Suci (2024) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 28 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rochanita Suci Arifin_D93219097 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Rochanita Suci Arifin_D93219097.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 28 Surabaya, Faktor yang Mempengaruhi Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 28 Surabaya serta Dampak dari adanya Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 28 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 28 Surabaya yakni sebagai pendidik, dengan cara mengikutsertakan wali murid dan komite madrasah dalam upaya kepala madrasah memberikan pembelajaran yang berkualitas baik dari fasilitas, pengajar maupun kompetisi bagi siswa. Peran kepala madrasah sebagai manajer, dengan cara melibatkan wali murid dan komite madrasah dalam proses perencanaa hingga pelaksanaan program kegiatan madrasah. Peran kepala madrasah sebagai pemimpin, dengan cara mengarahkan danmenjalin relasi dengan wali murid dan juga komite madrasah. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi peran kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yakni jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, mata pencaharian, kepemimpinan dan komunikasi. (3) Dampak dari adanya peran kepala madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dirasakan oleh siswa dan wali murid. Dampak yang dirasakan oleh siswa yakni adanya peningkatan prestasi serta kualitas sarana danprasarana sebagai hasil dari partisipasi wali murid dan komite madrasah. Begitu juga dampak yang dirasakan oleh wali murid yakni adanya kepuasan dan kebanggaan tersendiri atas prestasi dan perbaikan perilaku yang ditunjukkan oleh siswa yang mampu menjadi alasan bagi wali murid untuk memberikan partisipasi kepada madrasah dalam bentuk dana, fisik atau keahlian serta gagasan melalui komite madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Rochanita Sucinitasuciarifin@gmail.comD93219097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Kepala Sekolah
Masyarakat
Kepemimpinan
Keywords: Kepala madrasah; masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rochanita Suci Arifin
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:35
Last Modified: 02 Sep 2024 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73071

Actions (login required)

View Item View Item