Gaya bahasa ceramah M. Quraish Shihab “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Niswatin Nur (2021) Gaya bahasa ceramah M. Quraish Shihab “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswatin Nur Fauziah_B91217083 OK.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Niswatin Nur Fauziah_B91217083 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pilihan kata yang digunakan M. Quraish Shihab “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube?, (2) Bagaimana nada bahasa yang digunakan M. Quraish Shihab “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube?, (3) Bagaimana struktur kalimat yang digunakan M. Quraish Shihab “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mempelajari gaya bahasa Ceramah M. Quraish Shihab dalam podcast ceramah “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data. Kemudian peneliti melakukan observasi dengan mengamati podcast ceramah M. Quraish “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube dan dokumentasi berupa profil M. Quraish Shihab dan video Ceramah dari Youtube. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman.Hasil penelitian ini yaitu Gaya Bahasa Ceramah M. Quraish Shihab “Muhammad sebagai Nabi dan Manusia” di Youtube berdasarkan pilihan kata mulai dari gaya bahasa resmi, tidak resmi dan percakapan tetapi yang paling dominan adalah gaya bahasa tidak resmi dan percakapan, gaya bahasa berdasarkan nada suara menggunakan gaya bahasa mulia dan bertenaga dan untuk gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat paling dominan menggunakan gaya bahasa Repetisi. Penelitian selanjutnya diharapkan ada penelitian lain yang fokus tentang gaya retorika M. Quraish Shihab atau strategi dakwah M. Quraish Shihab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Niswatin NurNiswatinnurfauziyah@gmail.comB91217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Aliali.aziz@uinsby.ac.id2009065701
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Komunikasi Islam
Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Gaya Bahasa; Ceramah di Youtube; Video.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Niswatin Nur Fauziah
Date Deposited: 01 Sep 2024 10:54
Last Modified: 01 Sep 2024 10:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73082

Actions (login required)

View Item View Item