Pengaruh sosialisasi perpajakan, pemahaman perpajakan, sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan pelaku umkm dalam memenuhi kewajiban perpajakan (wajib pajak orang pribadi pelaku UMKM di Gresik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Dian (2024) Pengaruh sosialisasi perpajakan, pemahaman perpajakan, sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan pelaku umkm dalam memenuhi kewajiban perpajakan (wajib pajak orang pribadi pelaku UMKM di Gresik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Permatasari_08010220010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Dian Permatasari_08010220010.pdf

Download (2MB)

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan suatu pilar paling penting dalam perekonomi Indonesia. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi perpajakan, pemahaman perpajakan, sanksi perpajakan serta kesadaran wajib pajak pada kepatuhan pelaku UMKM sebagai pemenuhan kewajiban perpajakannya. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kabupaten Gresik sebanyak 100.434 yang terdata di KPP Pratama (Kantor Pelayanan Pajak). Teknik pengambilan sampelnya memakai Non Probability Sampling dengan jumlah sampel penelitian sebesar 100 sampel. Jenis penelitian yakni penelitian kuantitatif melalui metode uji analisis linier berganda dengan memakai alat analisis SPSS 26. Hasil yang diperoleh yakni menyatakan bahwasanya variabel sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh signifikan pada kepatuhan wajib pajak UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Pemahaman perpajakan, sanksi perpajakan serta kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan pada kepatuhan wajib pajak UMKM. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pelaksana UMKM agar bisa untuk mengikuti sosialisasi perpajakan dan menerapkan apa yang sudah di sosialisasikan. Serta bagi DJP diharapkan penelitian dapat dijadikan pertimbangan untuk memajukan UMKM di Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Diandianpermatasari020801@gmail.com08010220010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratnaanggraini.ra@gmail.com2028058903
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Keywords: Sosialisasi perpajakan; sanksi pajak; kesadaran wajib pajak; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dian Permatasari
Date Deposited: 05 Sep 2024 14:09
Last Modified: 05 Sep 2024 14:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73097

Actions (login required)

View Item View Item