Tinjauan yuridis terhadap trend modifikasi motor custom ilegal di Surabaya: studi kasus komunitas dan bengkel custom rumahan daerah Margorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewa, Bayu (2024) Tinjauan yuridis terhadap trend modifikasi motor custom ilegal di Surabaya: studi kasus komunitas dan bengkel custom rumahan daerah Margorejo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Dewa_05020720013 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bayu Dewa_05020720013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2027.

Download (5MB)

Abstract

Peralihan fungsi dari sebuah kendaraan bermotor, pada saat dahulu kendaraan bermotor diciptakan hanya mempunyai tujuan sebagai alat transportasi, namun pada zaman sekarang sebuah kendaraan bermotor selain untuk transportasi juga sebagai penunjang penampilan pemiliknya, oleh karena itu para pemilik kendaraan bermotor sering melakukan modifikasi untuk kendaraan bermotornya hingga semaksimal dan seunik mungkin. Sebuah kegiatan memodifikasi kendaraan bermotor menjadikan sebuah hal yang mempunyai daya tarik bagus untuk diadakan sebuah penelitian dengan memunculkan beberapa tanda tanya yaitu Bagaimanakah praktik custom motor di Surabaya? Bagaimanakah tinjauan hukum Positif terhadap praktik custom motor di bengkel Custom Rumahan Margorejo? Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang merupakan jenis penelitian hukum dengan cara penelitian lapangan yang mengharuskan peneliti mengkaji ketentuan hukum yang sah dan berjalan serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat dengan cara wawancara dan penelusuran literatur. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik custom motor di Surabaya dan Bengkel Custom Rumahan Margorejo pada saat mengcustom sebuah motor, menerapkan jenis modifikasi berat yang pada saat memodifikasi motor menggunakan cara perombakan secara melakukan pengubahan menyeluruh pada part-part motor yang membuat motor mempunyai bentuk dan gaya yang baru dan unik. Pada praktinya, bengkel Custom Rumahan Margorejo tidak mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan atau yang biasa disingkat (SIUP) serta tidak mendapatkan perizinan dari APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan bermotor. Tidak hanya itu, bengkel Mas Krisna atau biasa disebut pusat produksi motor Custom Rumahan Margorejo juga berbuat sebuah kesalahan dengan tidak melaksanakan uji tipe dan uji berkala pada motor hasil modifikasi custom nya. Ditinjau dari yuridis, kegiatan custom motor yang dilakukan oleh bengkel Custom Rumahan Margorejo berlawanan dengan aturan yang tercantum pada Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, produk hasil Bengkel Custom m i l i k M a s K r i s n a tidak terjamin mutu saat produk dalam tahap produksi maupun diperjualbelikan dikarenakan melanggar aturan dengan tidak melaksanakan uji tipe serta uji berkala sebagai jaminan keselamatan dan keamanan di kendaraan bermotor yang apakah kendaraan tersebut layak atau tidak untuk dikendarai di jalanan, oleh karena beberapa hal diatas seharusnya praktik Custom motor ysng dilakukan Mas krisna dan Mas Sobri seharusnya tidak dilakukan dikarenakan tidak memeatuhi peraturan yang ada dan jika masih ingin untuk membuka jasa tersebut maka harus dengan cara yang sesuai peraturan yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewa, Bayudewab115@gmail.com05020720013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, Muwahidmuwahid@uinsby.ac.id2010037801
Subjects: Hukum > Hukum Perdata
Keywords: Bengkel sepeda motor
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: S.H Bayu Dewa
Date Deposited: 31 Aug 2024 15:06
Last Modified: 31 Aug 2024 15:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73161

Actions (login required)

View Item View Item