Analisis hubungan kausalitas antara nilai tukar, suku bunga, dan penanaman modal asing langsung (foreign direct investmen) di Indonesia tahun 2000-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Era Fitri (2024) Analisis hubungan kausalitas antara nilai tukar, suku bunga, dan penanaman modal asing langsung (foreign direct investmen) di Indonesia tahun 2000-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Era Fitri Rahayu_08010120008.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Era Fitri Rahayu_08010120008_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam menghadapi globalisasi ekonomi, penanaman modal menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting, karena semakin mudahnya arus modal masuk ke Indonesia akan memberikan beberapa dampak positif diantaranya untuk pendanaan kegiatan ekonomi, membangun infrastruktur, sarana prasarana, serta adanya transfer keahlian dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan kausalitas antara nilai tukar, suku bunga, dan penanaman modal asing langsung (Foreign Direct Investmen) di Indonesia selama periode 2000-2020 dengan menggunakan data sekunder yaitu data time series. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan adalah VAR/VECM menggunakan software Eviews 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan kausalitas antara nilai tukar dan suku bunga. Namun, terdapat hubungan kausalitas satu arah antara FDI dan nilai tukar, di mana FDI mempengaruhi nilai tukar. Selain itu, ditemukan hubungan kausalitas satu arah antara suku bunga dan FDI, dengan suku bunga mempengaruhi FDI. Pada jangka pendek, hasil analisis menunjukkan hanya terdapat satu hubungan kausalitas, yaitu hubungan kausalitas satu arah antara nilai tukar dan FDI, di mana nilai tukar mempengaruhi FDI. Sementara itu, pada jangka panjang, terdapat dua hubungan kausalitas satu arah, yaitu antara suku bunga dan nilai tukar, di mana suku bunga mempengaruhi nilai tukar, serta antara FDI dan nilai tukar, dengan FDI mempengaruhi nilai tukar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang dinamika hubungan antara nilai tukar, suku bunga, dan FDI di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penulis selanjutnya dalam melakukan penelitiannya agar memperoleh pembaharuan dalam uji yang dilakukan serta bagi pembuat kebijakan dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk mengelola nilai tukar, suku bunga, dan penanaman modal asing langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Era Fitrierafitri.rahayu360@gmail.com08010120008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Ekonomi
Indonesia
Investasi
Keywords: Nilai tukar; suku bunga; FDI; pendekatan VAR/VECM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Era Fitri Rahayu
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:51
Last Modified: 03 Sep 2024 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73204

Actions (login required)

View Item View Item