Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan di SDN Jrengik 1 Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiya, Qurrota Akyun (2024) Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan di SDN Jrengik 1 Sampang Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrota Akyun Maulidiya_D77219055.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Qurrota Akyun Maulidiya_D77219055_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SDN Jrengik 1 Sampang Madura. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media dalam menyampaikan materi, sehingga siswa mudah bosan, kurang antusias, dan kurang berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa rendah. Dengan demikian perlu adanya perbaikan pada pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan agar menjadi lebih baik. Penggunaan media flashcard diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SDN Jrengik 1 Sampang Madura. Penelitian ini merupakan penelitian jenis PreEksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan One Group Pretest Posttest Design dengan populasi berjumlah 25 dan menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum diberikan perlakuan (treatment) dilakukan tes awal (pretest), kemudian diberikan tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment) berupa penggunaan media flashcard. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, perhitungan skor N-Gain, uji prasyarat (normalitas dan heterokedastisitas) dan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Hal itu dibuktikan dengan hasil perhitungan uji N-Gain memperoleh peningkatan dengan keseluruhan rata-rata sebesar 0,59 (sedang). Hasil uji paired sample ttest pada nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan setelah penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan di SDN Jrengik 1 Sampang Madura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiya, Qurrota Akyunqurrotamaulidiya0@gmail.comD77219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatik--197407172014112003
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Media flashcard; hasil belajar; materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Qurrota Maulidiya
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:03
Last Modified: 05 Sep 2024 01:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73229

Actions (login required)

View Item View Item