Tinjauan akad salam dan fatwa dsn mui terhadap penambahan harga pada jual beli sistem jastip album k-pop

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Kharisma Kumala Nur (2024) Tinjauan akad salam dan fatwa dsn mui terhadap penambahan harga pada jual beli sistem jastip album k-pop. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Kumala Nur Aini_05010220012.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Kharisma Kumala Nur Aini_05010220012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penambahan harga yang terjadi pada pembelian album k-pop dengan menggunakan sistem jasa titip bukanlah hal yang tidak wajar. Penambahan harga pada album k-pop memang sudah biasa terjadi dalam sistem jasa titip akan tetapi tidak semua penjualan album dalam sistem jasa titip mengalami penambahan harga. Tetapi dalam penjualan selama setahun pasti penambahan harga diluar kesepakatan untuk pesanan album k-pop yang dipesan pasti akan terjadi. Hal ini sama seperti yang terjadi dengan penjual album dan merchandise k-pop dengan sistem jasa titip pada babolatteshop. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti penambahan harga untuk jual beli album k-pop dengan sistem jasa titip pada babolatteshop dengan analisis akad salam. Skripsi ini akan membahas dua rumusan masalah yang ada didalamnya yaitu: bagaimana praktik penambahan harga album k-pop dengan sistem jasa titip, dan bagaimana tinjauan akad salam terhadap penambahan harga dengan sistem jasa titip album k-pop.Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Meneliti bagaimana penambahan harga untuk album k-pop dengan sistem jasa titip apabila ditinjau dengan akad salam.Penulis menganalisis mengenai penambahan harga untuk album k-pop pada sistem jasa titip apa yang menyebabkan penambahan harga pada album k-pop ini bisa terjadi dengan menggunakan data yang didapatkan melalui wawancara dengan penjual babolatteshop, dan lima orang pembeli album k-pop mengenai penambahan harga pada album k-pop sistem jasa titip sebelum dan sesudah terjadinya penambahan harga ini. Ditinjau dari sudut pandang akad salam. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa untuk implementasi penambahan harga yang dilakukan oleh babolatteshop dilakukan dengan cara membagi harga tambahan yang didapatkan dengan berapa jumlah orang yang membeli album tersebut, dan menurut akad salam dilihat dari syarat, Fatwa DSN MUI No: 05/DSN-MUI/IV/2000 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah maka penambahan harga yang dilakukan untuk penjualan album k-pop dengan sistem jasa titip tidak sesuai dengan akad salam, selain itu juga terdapat unsur gharar dalam penambahan harga yang diberikan oleh pihak babolatteshop dikarenakan pembeli tidak diberikan informasi mengenai kenapa harga album bisa bertambah dari harga sebelumnya. Oleh karena itu penulis memberikan saran kepada penjual untuk bisa menghitung album yang akan dijual dengan betul, memastikan supaya barang yang dikirim tidak terkena red line, dan agar penjual bisa selalu update untuk tarif pajak yang dikenakan pada barang yang dijual, dan memberikan informasi mengenai penyebab album yang dibeli bisa terkena penambahan harga. dan untuk pembeli sebaiknya sebelum membeli sebaiknya memastikan apakah untuk album yang dibeli akan mengalami penambahan harga atau tidak kalaupun ada penambahan harga diharapkan supaya penjual memberikan informasi yang jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Kharisma Kumala Nurkharismakumala66@gmail.com05010220012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadsurahyasin@uinsa.ac.id2027076702
Subjects: Fatwa
Hukum Ekonomi
Keywords: akad salam; penambahan harga; jasa titip
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Kharisma Kumala Nur Aini
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:13
Last Modified: 05 Sep 2024 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73292

Actions (login required)

View Item View Item