Tinjauan hukum Islam dan Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 terhadap praktik jual beli melalui whatsapp business: studi pada Toko Luke Coklat di Prigen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Dewi Hanum (2024) Tinjauan hukum Islam dan Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 terhadap praktik jual beli melalui whatsapp business: studi pada Toko Luke Coklat di Prigen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Hanum Azizah_05010220009.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Dewi Hanum Azizah_05010220009_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ditulis untuk mengetahui dan menjelaskan tentang bagaimana praktik jual beli toko Luke Coklat melalui WhatsApp Business dan bagaimana tinjauan Hukum Islam dan Permendag 31 Tahun 2023 terhadap praktik jual beli toko Luke Coklat melalui WhatsApp Business.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris tipe penelitian yuridis sosiologis dengan pendekatan kualitatif. Penghimpunan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini diolah melalui tiga tahapan yakni organizing, editing, dan analizing. Teknik analisis data menggunakan deskriptif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit terkait praktik jual beli toko Luke Coklat melalui WhatsApp Business. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum Islam (jual beli akad istiṣhna’) dan Permendag No. 31 Tahun 2023. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, Praktik jual beli jual beli pada toko Luke Coklat dilakukan dengan beberapa tahap yakni, memilih bahan baku produksi, melakukan proses produksi dan pengemasan sesuai prosedur, melakukan pemasaran sesuai strategi yang ditentukan, melakukan pemasaran sesuai target yang dituju, menentukan harga jual produk, melakukan pratik jual beli dengan pelanggannya. Mekanisme praktik jual beli pada toko Luke Coklat melalui aplikasi WhatsApp Business melalui beberapa tahap, yakni akad, pembuatan coklat, pembayaran, dan pengiriman. Kedua, dalam tinjauan Hukum Islam, praktik jual beli toko Luke Coklat hukumnya sah dan diperbolehkan dalam Hukum Islam karena semua rukun dan syarat telah terpenuhi. Namun dalam melakukan transaksi jual beli melalui aplikasi WhatsApp Business harus dilakukan sesuai dengan Praturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023. Adapun dalam tinjauan Permendag No. 31 Tahun 2023, penggunaan aplikasi WhatsApp Business sebagai sarana jual beli ataupun media promosi tidak diperbolehkan. Akan tetapi, toko Luke Coklat tidak akan dikenakan sanksi karena telah menggunakan aplikasi ini sebagai sarana jual belinya karena aturan ini No. 31 Tahun 2023 tidak mengatur secara spesifik terkait sanksi bagi pelaku usaha dalam skala rumah tangga yang melakukan transaksi jual belinya melalui media sosial. Namun, toko Luke Coklat melanggar Pasal 11 ayat (1) karena tidak menampilkan informasi perizinan usaha dengan lengkap sesuai dengan ketentuan dalam pasal tersebut. Sehingga dapat dikenakan sanksi sebagaimana yang disebut dalam Pasal Pasal 50 ayat (1). Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: Menteri Perdagangan perlu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap PMSE dan bertindak tegas dalam menyikapi pelanggar pada peraturan Permendag No. 31 Tahun 2023. Kemudian toko Luke Coklat diharapkan melengkapi informasinya terkait keterangan setiap produknya pada katalog produk sesuai yang diatur dalam Pasal 11 Permendag No. 31 Tahun 2023 serta tidak menggunakan aplikasi WhatsApp Businesss sebagai sarana jual beli dan promosi hingga aplikasi ini telah memperoleh perizinan sesuai bidangnnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Dewi Hanumdewihanumazizah@gmail.com05010220009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: hukum Islam; Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023; jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Hanum Azizah
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:11
Last Modified: 05 Sep 2024 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73296

Actions (login required)

View Item View Item