Analisis sistem pemberian upah menurut Ibnu Taimiyah untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai: studi pada CV. Usaha Mandiri Jaya Kecamatan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Erma Rizka (2023) Analisis sistem pemberian upah menurut Ibnu Taimiyah untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai: studi pada CV. Usaha Mandiri Jaya Kecamatan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erma Rizka Mufidah_G94219144 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Erma Rizka Mufidah_G94219144.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Sistem Pemberian Upah Menurut Ibnu Taimiyah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pegawai (Studi Pada CV. Usaha Mandiri Jaya Kecamatan Sidoarjo)” bertujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu: 1) bagaimana sistem pemberian upah di CV. Usaha Mandiri Kecamatan Sidoarjo untuk meningatkan kesejahteraan pegawai, dan 2) bagaimana analisis sistem pemberian upah di CV. Usaha Mandiri Jaya Kecamatan Sidoarjo menurut Ibnu Taimiyah?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif yang menggunakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan penelitian di awali dengan menyusun pertanyaan, mengajukan pertanyaan untuk pemilik usaha serta pegawai pada CV. Usaha Mandiri Jaya, mengumpulkan data, menganalisis data yang diperoleh, serta membuat kesimpulan dari hasil. Hasil dari penelitian ini adalah 1) sistem pemberian upah di CV. Usaha Mandiri Jaya telah sesuai dengan konsep kesajahteraan pendapat Ibnu taimiyah yaitu dengan sistem upah jangka waktu yang terdiri dari upah harian, upah mingguan, dan upah bulanan. Upah yang diberikan CV. Usaha Mandiri Jaya dikategorikan belum secara menyeluruh sesuai dengan UMK kota Sidoarjo akan tetapi untuk mensejahteraakan pegawai yaitu dengan pemberian berupa bonus dan THR yang dapat digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan pegawai sehingga peningkatan biaya hidup selajan dengan upah yan diberikan oleh perusahaan, 2) sistem pemberian upah di CV. Usaha Mandiri Jaya sudah sesuai dengan teori yang diajarkan oleh Ibnu Taimiyah, yaitu memiliki prinsip keadilan yang dapat digolongkan meliputi keadilan eksternal, keadilan internal, keadilan perorangan, dan keadilan procedural. Upah minimun yang ditetapkan sudah terbilang layak namun belum sepenuhnya dapat mencukupi kebutuhan hidup pegawai. Karena pemberian upah terus meningkat seuiring berjalannya waktu dan pemberian upah juga sesuai dengan kontribusi yang diberikan pegawai kepada perusahaan. Selain itu, pemberian upah dilakukan dengan transparan dan sesuai dengan kesepakatan bersama, serta kelayakan yang terlah tercukupi dari sandang, pangan, papan serta jaminan kesehatan para pegawainya. Saran penelitian ini: 1) bagi CV. Usaha Mandiri Jaya seharusnya lebih memerhatikan lagi terkait upah yang diberikan kepada karyawan, sehingga keterlambatan dalam pemberian upah dapat diminimalisir. 2) bagi masyarakat yang ingin bekerja pada CV. Usaha Mandiri Jaya seharusnya mengecek terlebih dahulu bagaimana sistem pengupahan yang digunakan di CV. Usaha Mandiri Jaya apakah sudah sesuai dengan kinerja yang akan dilakukan, dan 3) bagi penelitian yang akan datang. Hendaknya peneliti yang akan datang mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan sistem pemberian upah untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai yang ditinjau menurut tokoh ekonomi Islam yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Erma Rizkaermariz.em@gmail.comG94219144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@gmail.com2014057001
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Upah Minimum
Keywords: Upah; kesejahteraan; Ibnu Taimiyah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erma Rizka Mufidah
Date Deposited: 05 Sep 2024 14:31
Last Modified: 05 Sep 2024 14:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73347

Actions (login required)

View Item View Item