Persepsi tokoh agama tentang strategi pemerintah Desa Sungonlegowo Bungah Gresik dalam pencegahan dan pengendalian virus Covid-19 varian Omicron

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiyah, Titik (2024) Persepsi tokoh agama tentang strategi pemerintah Desa Sungonlegowo Bungah Gresik dalam pencegahan dan pengendalian virus Covid-19 varian Omicron. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titik Luthfiyah_I73218054 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Titik Luthfiyah_I73218054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guna mengendalikan penyebaran virus, sejumlah kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah selama masa pandemi covid-19. Setiap kebijakan ini mendapat beragam kritik dan analisis. Sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, program Kartu Prakerja,penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sertastimulus untuk sektor pariwisata, pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional adalah beberapa kebijakan yang diterapkan dengan melibatkan Perpu atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 tahun 2020. Aturan kebijakan vaksinasi juga diterapkan pemerintah di samping kebijakan-kebijakan tersebut. Sebagai persyaratan untuk mengikuti kegiatan di luar rumah,menggunakan transportasi umum, berwisata, dan bekerja maka masyarakat diharuskan memiliki kartu vaksin.Reaksi masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan ini sangat beragam. Respons ini termasuk tanggapan dari tokoh agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Sungonlegowo cenderung memberikan respons yang mendukung terhadap kebijakan pemerintah selama pandemi. Metode kualitatif fenomenologi dimanfaatkan sebagai pendekatan penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih subjek penelitian. Untuk menganalisis data, penelitian ini mengacu pada teori Struktural Fungsional Talcott Persons. hal ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Tokoh Agama Tentang Strategi Pencegahan Dan Pengendalian Pemerintah Desa Sungonlegowo Dalam Menghadapi Kasus Virus Covid-19 Varian Omicron. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pemerintah Desa Sungonlegowo membuat strategi pencegahan dan penanganan Covid dengan membuat tim pencegahan dan penanganan. Dengan melibatkan kader PKK dan Kader Kesehatan serta sosialisasi protokol kesehatan 5M. (2) Tokoh agama mendukung dan mengapresiasi strategi yang dibuat oleh pemerintah desa Sungonlegowo. Mereka juga berperan dalam mengajak masyarakat untuk taat kepada aturan pemerintah serta mengajak dan mendorong masyarakat untuk ikut melakukan vaksinasi demi terpustusnya penyebaran virus covid-19 varian Omicron.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiyah, Titiktitikluthfiyah456@gmail.comI73218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Manajemen Strategi
Keywords: Tokoh agama; strategi pemerintah; virus Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Titik Luthfiyah
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:51
Last Modified: 13 Sep 2024 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73352

Actions (login required)

View Item View Item