Analisis strategi pembiayaan Koperasi Syariah dengan akad murabahah pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Inayah Tri Wulandari Ayu (2024) Analisis strategi pembiayaan Koperasi Syariah dengan akad murabahah pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayah Tri Wulandari Ayu Arifin_08010420014 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Inayah Tri Wulandari Ayu Arifin_08010420014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia perkembangan lembaga keuangan syariah semakin meningkat, hal ini menyebabkan persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar lembaga keuangan menumbuhkan keharusan lembaga keuangan berupa koperasi syariah untuk berinovasi produk, seperti pembiayaan koprasi syariah dengan akad murabahah. Untuk menjaga keberlangsungan produknya, koperasi syariah harus menerapkan strategi pembiayaan yang tepat sasaran. Strategi pembiayaan ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk pembiayaan yang ada di koperasi syariah. Oleh karena itu, sangat diperlukan strategi pembiayaan yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai strategi pembiayaan dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pembiayaan murabahah dan untuk mengetahui manfaat pembiayaan murabahah bagi pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah pada KSPSS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan Terdapat tiga jenis strategi yang di implementasikan yaitu strategi intensif, strategi diversifikasi, serta strategi defensive. Namun ada satu jenis strategi yang tidak diimplementasikan koperasi syariah muamalah berkah sejahtera yaitu strategi integrasi dikarenakan regulasi operasional yang membatasi aktivitasnya hanya pada simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Pembiayaan murabahah bagi UMKM pada koperasi syariah muamalah berkah sejahtera memberikan berbagai manfaat yaitu memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM, meningkatkan akses modal usaha UMKM, mendukung peningkatan volume penjualan UMKM yang akan meningkatkan pendapatannya, serta dari ulasan pelaku UMKM yang menerima pembiayaan murabahah merasa terbantu dengan tambahan modal yang memungkinkan meningkatkan jumlah produk yang dijual dan pendapatan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera untuk mempertahankan atau bahkan lebih menekankan peneraparan strategi pembiayaan pada pengembangan produk agar dapat membantu koperasi mencapai tujuan utamanya dalam aspek pembiayaan.
Kata Kunci : strategi pembiayaan, akad murabahah, pendapatan UMKM

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Inayah Tri Wulandari Ayu08010420014@student.uinsby.ac.id08010420014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Bank Koperasi
Manajemen Strategi
Murabahah
Koperasi
Keywords: pendapatan UMKM; akad murabahah; strategi pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Inayah Tri Wulandari Ayu Arifin
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:19
Last Modified: 04 Sep 2024 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73357

Actions (login required)

View Item View Item