Uji aktivitas antibakteri ekstrak daun mangrove Rhizophora Mucronata, Sonneratia Caseolaris, dan Avicennia Alba terhadap bakteri Vibrio Parahaemolyticus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Komarudin, Paroso (2024) Uji aktivitas antibakteri ekstrak daun mangrove Rhizophora Mucronata, Sonneratia Caseolaris, dan Avicennia Alba terhadap bakteri Vibrio Parahaemolyticus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Paroso Komarudin_09010420015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Paroso Komarudin_09010420015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Vibrio parahaemolyticus merupakan salah satu bakteri patogen dari genus Vibrio sp yang memiliki potensi untuk menimbulkan infeksi penyakit. Penyakit infeksi dari Vibrio parahaemolyticus dapat diturunkan dengan tambahan penggunaan antibakteri alami seperti ekstrak daun mangrove. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi ekstrak daun mangrove Rhizophora mucronata, Sonneratia caseolaris, dan Avicennia alba. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode difusi cakram dengan mengamati zona hambat pada kertas cakram yang menempel pada media agar. Teknik zona hambat digunakan untuk mengevaluasi potensi antibakteri hasil ekstraksi. Diameter zona hambat adalah area tanpa pertumbuhan bakteri di sekitar kertas cakram uji yang diukur dalam skala milimeter (mm). Perbedaan signifikan pada penggunaan setiap jenis daun dan konsentrasi menggunakan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga jenis daun mangrove oleh pelarut etanol 70% memiliki potensi antibakteri terhadap Vibrio parahaemolyticus karena menghasilkan nilai zona hambat sedangkan pada ekstrak daun mangrove ketiga jenis daun mangrove dengan pelarut n-heksana tidak ditemukan potensi antibakteri. Terdapat perbedaan hasil potensi ekstrak daun mangrove pada ketiga jenis daun mangrove pelarut etanol 70% dengan nilai tertinggi diameter zona hambat sebesar 19.84 mm oleh daun Sonneratia caseolaris dengan konsentrasi 250 mg/ml.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Komarudin, Parosoparosok26@gmail.com09010420015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id2001126701
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Keywords: Uji aktivitas; antibakteri; ekstrak daun mangrove
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Paroso Komarudin
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:52
Last Modified: 04 Sep 2024 13:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73364

Actions (login required)

View Item View Item