Efektivitas pembelajaran tahfidz al-Qur’an bagi peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Mohammad Thoriq Aqil (2024) Efektivitas pembelajaran tahfidz al-Qur’an bagi peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Thoriq Aqil Fauzi_06030120061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Mohammad Thoriq Aqil Fauzi_06030120061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tahfidzul Qur’an adalah suatu perbuatan yang mulia lagi bermanfaat di dalam agama Islam. Sebab, orang-orang yang menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu dari hamba Allah yang terpilih di muka bumi. Allah Swt, telah memberikan kemudahan kepada orang-orang yang ingin menghafalkan AlQur’an. Selama Proses menghafalkan Al-Qur’an selain membutuhkan niat dan tekad yang kuat juga didukung oleh adanya sistem menghafal dan lingkungan yang baik. Program tahfidzul Qur’an sebagai program unggulan. bertujuan menciptakan generasi Qur’ani bagi para penerus bangsa agar Al-Qur’an tetap terjaga dan tertanam dalam hati mereka sehingga dapat diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, 2) hafalan Al-Qur’an siswa, dan 3) efektifitas pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mojokerto. Penelitian deskriptif kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru tahfiz, kepala madrasah, dan siswa tahfidz Al-Qur’an. Pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data melalui proses mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui kredibilitas data yang meliputi: perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian: 1) Pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di MTs.N 3 Mojokerto dirancang dengan baik dan dilaksanakan secara efektif. Hal ini teridentifikasi dari beberapa hal berikut: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode dan media pembelajaran, penilaian pembelajran, guru, lingkungan pembelajaran, motivasi siswa, peran orang tua, dan komunitas pembelajaran. 2) Hafalan AlQur'an siswa program tahfidz di MTs.N 3 Mojokerto menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan. Hal ini terlihat dari: kelancaran membaca, ketepatan hafalan, kemampuan murojaah, kemampuan memahami makna, motivasi, konsistensi dan kedisiplinan, kemampuan mengajar, dan keterlibatan dalam kegiatan Al-Qur’an. 3) Pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di MTs.N 3 Mojokerto terlaksana secara efektif dan berkualitas. Hal ini teridentifikasi dari: tujuan yang jelas dan terukur, metode dan teknik yang tepat, guru kompeten dan berpengalaman, media dan bahan ajar berkualitas, penilaian yang berkelanjutan, lingkungan belajar kondusif, kuatnya motivasi dan dukungan, pemanfaatan teknologi, pembinaan karakter, dan keterlibatan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Mohammad Thoriq Aqilthoriq101201@gmail.com06030120061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYa’cub, Mihmidatymihmidaty@gmail.com0011095909
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto-197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Efektifitas; pembelajaran; tahfidz; al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Thoriq Aqil Fauzi
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:12
Last Modified: 12 Sep 2024 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73377

Actions (login required)

View Item View Item