Analisis kemampuan berpikir analitis siswa berkecerdasan logis matematis dan linguistik dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilma, Iftah Aghniyaul (2022) Analisis kemampuan berpikir analitis siswa berkecerdasan logis matematis dan linguistik dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iftah Aghniyaul Ilma_D74218028 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (8MB)
[img] Text
Iftah Aghniyaul Ilma_D74218028.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan berpikir analitis merupakan suatu proses kognitif yang meliputi membedakan (differentiating), mengorganisasi (organizing), dan memberikan atribut (attributing). Kemampuan berpikir analitis perlu dilatihkan dan ditingkatkan agar siswa dapat memecahkan masalah secara tepat dan logis. Setiap siswa memiliki kecerdasan yang beragam yang dapat mempengaruhi berpikir analitisnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa berkecerdasan logis matematis dan siswa berkecerdasan linguistik dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas IX-D UPT SMP Negeri 2 Gresik yang terdiri dari 32 siswa yang diberikan angket kecerdasan majemuk untuk kemudian diambil 1 siswa dengan kecerdasan logis matematis dan 1 siswa dengan kecerdasan linguistik. Subjek yang terpilih diberikan tes kemampuan berpikir analitis berupa soal asesmen kompetensi minimum (AKM) dan wawancara. Hasil data tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif sesuai indikator kemampuan berpikir analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis siswa dengan kecerdasan logis matematis tergolong baik pada semua aspek membedakan, mengorganisasikan dan memberikan atribut. Sedangkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan kecerdasan linguistik tergolong baik pada aspek membedakan dan mengorganisasikan, dan tergolong cukup pada aspek memberikan atribut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilma, Iftah Aghniyauliftahaghn@gmail.comD74218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Linguistik
Keywords: Berpikir analitis; AKM; kecerdasan logis matematis; kecerdasan linguistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iftah Aghniyaul Ilma
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:55
Last Modified: 12 Sep 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73387

Actions (login required)

View Item View Item