Deskripsi pelaksanaan program sekolah parenting dan bimbingan calon pengantin PUSPAGA (pusat pembelajaran keluarga) terhadap ketahanan keluarga di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulthan, Afansyam Andika (2024) Deskripsi pelaksanaan program sekolah parenting dan bimbingan calon pengantin PUSPAGA (pusat pembelajaran keluarga) terhadap ketahanan keluarga di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Afansyam Andika Sulthan_05040120097 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Afansyam Andika Sulthan_05040120097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat tingginya jumlah perceraian dan rendahnya jumlah pernikahan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Dalam hal ini, kualitas ketahanan keluarga di Indonesia khususnya Kota Surabaya perlu diteliti lebih lanjut dengan melihat bagaimana penanganan PUSPAGA Kota Surabaya dalam mengatasi tingginya angka perceraian. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang menjawab pertanyaan mengenai bagaimana pelaksanaan program Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Surabaya dan bagaimana manfaat pelaksanaan program Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) terhadap ketahanan keluarga di Kota Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian yang memiliki pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif serta penelitian ini merupakan penelitian empiris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis model induktif yang menganalisis permasalahan dari khusus ke umum. Dalam hal ini, Teori Efektivitas menjadi pisau analisa dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini, yakni: Pertama, program Sekolah Parenting dan Bimbingan Calon Pengantin oleh PUSPAGA Kota Surabaya dapat terrealisasi dengan baik dan rutin hingga saat ini. Tidak ada hambatan berarti dalam pelaksanaannya, hanya saja adanya perbedaan latar belakang keluarga sasaran yang dapat memengaruhi proses penerapan materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Namun, dalam pelaksanaannya jumlah peserta program Sekolah Parenting tidak sebanyak jumlah peserta program Bimbingan Calon Pengantin. Hal ini disebabkan karena tidak adanya kewajiban dalam mengikuti program Sekolah Parenting. Kedua, setelah menganalisis keefektifan program Sekolah Parenting dan Bimbingan Calon Pengantin berdasarkan teori yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa program Sekolah Parenting dan Bimbingan Calon Pengantin merupakan program yang efektif untuk meningkatkan kualitas ketahanan keluarga. Hal ini tercermin dengan adanya keberhasilan para peserta untuk mengatasi kerentanan keluarga yang terjadi berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Selaras dengan kesimpulan yang telah disebutkan, penulis memberikan saran agar sosialisasi informasi mengenai program Sekolah Parenting lebih digencarkan secara offline, karena sosialisasi informasi mengenai Sekolah Parenting secara online melalui sosial media dapat dikatakan belum maksimal. Hanya 1 dari 8 peserta Sekolah Parenting PUSPAGA yang mengetahui program Sekolah Parenting dari sosial media, sedangkan 7 lainnya mengetahui informasi tersebut melalui Ketua RW setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulthan, Afansyam Andikaafansyamandika@gmail.com05040120097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifqi, Muhammad Jazilmuhammadjazilrifqi@uinsby.ac.id2010119102
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Program sekolah parenting; bimbingan calon pengantin; PUSPAGA (pusat pembelajaran keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Afansyam Andika Sulthan
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:24
Last Modified: 12 Sep 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73418

Available Versions of this Item

  • Deskripsi pelaksanaan program sekolah parenting dan bimbingan calon pengantin PUSPAGA (pusat pembelajaran keluarga) terhadap ketahanan keluarga di Kota Surabaya. (deposited 12 Sep 2024 07:24) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item