Strategi Marketing Politik Digital DPD PKS Surabaya dalam mendulang dukungan suara Generasi Z pada Pemilu 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Muhamad Yudha (2024) Strategi Marketing Politik Digital DPD PKS Surabaya dalam mendulang dukungan suara Generasi Z pada Pemilu 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yudha Firdaus_ OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Yudha Firdaus_I01219018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Strategi pemasaran politik digital untuk memperoleh suara generasi Z melibatkan pendekatan yang terfokus pada media sosial, kreativitas konten, dan penggunaan platform digital yang relevan bagi kelompok usia ini. Ini termasuk penggunaan TikTok, Instagram, dan platform visual lainnya, serta narasi yang autentik dan relevan dengan isu-isu yang penting bagi generasi Z. Selain itu, strategi ini memanfaatkan teknologi seperti analisis data untuk memahami perilaku online generasi Z dan menyesuaikan pesan politik sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Dengan pendekatan yang tepat, strategi ini dapat efektif dalam memperoleh dukungan dan suara dari generasi Z dalam konteks politik modern yang semakin didominasi oleh teknologi digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing politik digital PKS Surabaya dalam mendulang dukungan suara generasi Z, serta hambatan dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Marketing Politic 4P dari Niffeneger. Hasil dari penelitian ini bahwa Strategi marketing politik digital yang dilakukan oleh DPD PKS Kota Surabaya yang dianalisis dengan teori strategi marketing politik bauran 4p yakni, strategi place PKS menggunakan Instagram sebagai tempat Marketing Politic, strategi price PKS menganggarkan sendiri untuk tim Marketing Digital, strategi promotion Setiap DPC, dan caleg mempromosikan program kerja di masing-masing akun media sosial, dan strategi product baik caleg mamupun partai mempunyai program sendiri-sendiri dalam proses Marketing Politic. Dan ditemukan beberapa hambatan yang dialami PKS seperti dalam pengelolaan akun media sosial DPC, kurangnya bahan untuk pengisian konten, dan rendahnya minat generasi z terhadap politik. Namun PKS mempunyai solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan cara memberikan pelatihan kepada relawan digital mengenai pengoptimalan media sosial dalam proses marketing politik, yang kedua merujuk ke akun pusat, dan provinsi untuk menemukan ide konten, dan selanjutnya menyediakan konten-konten digital yang sifatnya persuasif dan mengikuti tren yang sedang viral. Strategi marketing yang dijalankan PKS telah dijalankan dengan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya perolehan suara PKS dari Pemilu tahun 2019 ke Pemilu tahun 2024. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pemanfaatan media digital. Tepatnya, melalui media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Muhamad Yudhayudha.firdaus1311@gmail.comI01219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Politik
Pemasaran
Partai Politik
Pemilihan Umum
Keywords: strategi marketing politik digital; PKS; generasi z; pemilu
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Yudha Firdaus
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:33
Last Modified: 04 Sep 2024 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73480

Actions (login required)

View Item View Item