Kepemimpinan spiritual founder Yayasan Indonesia Bershalawat Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Maulidiyah Ayu (2024) Kepemimpinan spiritual founder Yayasan Indonesia Bershalawat Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidiyah Ayu Puspita_04020420032 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Maulidiyah Ayu Puspita_04020420032 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan spiritual founder Yayasan Indonesia Bershalawat Kediri dan menganalisis dampak dari penerapan kepemimpinan spiritual tersebut. Untuk menganalisis persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari 4 informan yang terlibat aktif dalam kepemimpinan spiritual dan key informan yaitu founder Yayasan Indonesia Bershalawat. Dengan menggunakan pedoman wawancara, seluruh informan memberikan jawaban atas pertanyaan peneliti kemudian mereduksi seluruh data, menyajikan fakta, dan menarik kesimpulan yang meyakinkan adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis data. Indikator yang dikaitkan dengan teori digunakan untuk mengelompokkan data, yang kemudian dijelaskan secara menyeluruh. Hasil dari penelitian ini yaitu kepemimpinan yang diterapkan di Yayasan Indonesia Bershalawat, founder Yayasan Indonesia Bershalawat menggunakan gaya kepemimpinan spiritual dengan nilai-nilai sikap pada kepemimpinan spiritual menurut teori Fry yaitu vision, altruistik, dan hope/faith. Vision diwujudkan dengan atas pemahaman terhadap visi, pernyataan visi, inspirasi dari visi, dan visi yang jelas. Altruistik diwujudkan dengan pemimpin dan pengikut menunjukkan kepedulian, bekerja sesuai dengan yang dibicarakan, jujur, percaya dan setia, keberanian dan penuh perhatian. Hope/faith diwujudkan dengan memiliki keyakinan, melaksanakan keyakinan, gigih, melakukan usaha yang lebih, dan tujuan yang menantang dalam visinya akan bersemangat dalam menghadapi hambatan, menanggung kesulitan dan penderitaan dalam mencapai tujuan mereka. Namun dalam hal ini, peneliti menemukan karakter yang tidak terdapat dalam teori, yakni sifat tegas namun kasih sayang. Selain itu dampak dari kepemimpinan spiritual founder Yayasan Indonesia Bershalawat memberikan spiritual well being yang meliputi calling dan membership. Ada beberapa indikator calling yaitu pentingnya pekerjaan bagi pribadi, keberartian pekerjaan bagi hidupnya dan pernyataan pekerjaan memberi perbedaan dalam hidup. Sedangkan indikator membership yaitu perasaan dipahami dalam organisasi, perasaan dihargai dalam organisasi, perasaan yang bernilai dalam organisasi, perasaan dihormati dalam organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Maulidiyah Ayumaulidiyahayup1@gmail.com04020420032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Ahmad Khairulkhairul.hakim@uinsa.ac.id2030127501
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Spiritual leadership; Yayasan Indonesia Bershalawat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Maulidiyah Ayu Puspita
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:53
Last Modified: 04 Sep 2024 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73503

Actions (login required)

View Item View Item