Analisis strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Baktimakmur Indah Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santosa, Muhammad Wildan Muda (2024) Analisis strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah di PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Baktimakmur Indah Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Wildan Muda Santosa_08010420024.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Wildan Muda Santosa_08010420024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tingginya tingkat risiko pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Baktimakmur Indah merupakan suatu hal yang harus diselesaikan, untuk megurangi NPF atau mempertahankan kesehatan rasio keungan pada bank. Maka dari itu bank harus mempunyai strategi dalam melakukan penyelesaian pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Baktimakmur Indah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Baktimakmur Indah, strategi yang digunakan dalam melakukan penyelesaian pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Baktimakmur Indah, dan efektivitas penyelesaian pembiayaan bermasalah pada nilai NPF di PT. BPRS Baktimakmr Indah. Hasil penelitian menyatakan bahwa penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah berasal dari faktor eksternal yaitu, dari unsur kesengajaan dan unsur ketidak kesengajaan. Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah yang digunakan oleh PT. BPRS Baktimakmur Indah yaitu dengan melakukan restrukturisasi pembiayaan, eksekusi jaminan, penyelesaian melalui pengadilan agama, dan kebijakan hapus buku. Efektivitas nilai NPF di PT BPRS Baktimakmur Indah tidak efektif dikarenakan oleh dampaknya COVID-19 dan kurangnya minat pembeli agunan. Penelitian ini memberikan saran pada PT. BPRS Baktimakmur Indah untuk melakukan analisis nasabah dengan lebih teliti dan tegas dalam mengambil keputusan pemberian kredit pada nasabah maupun Tindakan penanganan penyelesaian pembiayaan bermasalah, supaya bisa mengurangi nilai NPF yang tinggi dan mempertahankan kesehatan bank.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santosa, Muhammad Wildan Mudam.wildan.0002@gmail.com08010420024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryam.iqbal@gmail.com199103162019031013
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Murabahah
Keywords: Murabahah; pembiayaan bermasalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Wildan Muda Santosa
Date Deposited: 05 Sep 2024 05:33
Last Modified: 05 Sep 2024 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73519

Actions (login required)

View Item View Item