Analisis SWOT strategi fundraising zakat mal di nu-care lazisnu Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Mochammad Zaidan (2024) Analisis SWOT strategi fundraising zakat mal di nu-care lazisnu Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Zaidan Fahmi_08020520025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mochammad Zaidan Fahmi_08020520025_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis SWOT Strategi Fundraising Zakat Mal di NU CARE- Lazisnu Wonocolo Kota Surabaya”. Peneliti memilih judul tersebut karena lembaga yang bersangkutan aktif dan mencakup wilayah yang luas, meliputi lima kelurahan di Wonocolo Surabaya. Selain itu, terdapat peningkatan setiap tahunnya, namun tidak selaras dengan jumlah muzakki yang memadai. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan field research menggunakan analisis SWOT. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara dan dokumentasi. Data primer di dapatkan dari hasil wawancara dengan ketua Lembaga NU- Care Lazisnu Wonocolo dan 4 orang Muzakki. Data sekunder di dapatkan dari laporan tahunan Nu-Care Lazisnu wonocolo Penelitian ini ingin menjawab bagaimana strategi fundraising zakat mal dan analisis SWOT strategi fundraising zakat mal di NU CARE-Lazisnu Wonocolo Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NU CARE-Lazisnu Wonocolo telah menggunakan beragam pendekatan untuk meningkatkan penggalangan dana, mulai dari identifikasi target muzakki hingga penggunaan metode fundraising yang beragam. Hal ini memberikan gambaran komprehensif tentang bagaimana NU CARE-Lazisnu Wonocolo berusaha memaksimalkan pendanaan untuk program-programnya. Matriks IFAS sebesar 3.28 dan matriks EFAS sebesar 3.19, menunjukkan bahwa nilai ini berada di Kuadran I yang bahwa NU CARE-Lazisnu Wonocolo Kota Surabaya mempunyai kekuatan yang baik dan dapat memenfaatkan peluang yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, adapun saran untuk penelitian ini yaitu diharapkan NU CARE-Lazisnu Wonocolo dapat memperluas metode fundraising, termasuk lebih memanfaatkan media sosial dan event. Berinovasi dalam metode fundraising untuk menarik muzakki potensial, dan NU CARE-Lazisnu Wonocolo dapat meningkatkan penggunaan teknologi untuk mengelola database muzakki dan memperbarui informasi secara teratur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Mochammad Zaidanzaidanfahmi00@gmail.com08020520025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsa.ac.id2121048502
Subjects: Zakat
Amil Zakat
Keywords: Analisis SWOT; fundraising; zakat mal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mochammad Zaidan Fahmi
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:10
Last Modified: 06 Sep 2024 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73553

Actions (login required)

View Item View Item