Pesan dakwah dalam lagu “kangen mulih” karya Denny Caknan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathmawati, Aprilya (2024) Pesan dakwah dalam lagu “kangen mulih” karya Denny Caknan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilya Fathmawati_04020120039.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aprilya Fathmawati_04020120039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengungkap pesan dakwah yang terkandung pada lirik pada lagu "Kangen Mulih" karya Denny Caknan. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian berupa analisis teks medai. Dengan memakai teori analisis semiotik pada lagu, penelitian ini memperhatikan lirik-lirik spesifik dalam lagu untuk mengidentifikasi pesan-pesan dakwah yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan jika adanya empat pesan dakwah utama dalam lagu "Kangen Mulih” yaitu: 1) lirik "tenang, tenang" menggambarkan bermakna ketenangan jiwa sebagai pesan untuk mencari kedamaian di dalam diri. 2) Lirik "badai pasti berlalu" menginspirasi sebagai penyemangat untuk tetap optimis dan percaya jika kesulitan akan berlalu dengan waktu. 3) Lirik "jajal tak kuat kuatne ati iki" menggambarkan optimisme dan harapan di dalam menghadapi tantangan hidup. 4) Lirik "kangen sungkem ning nagndape jenengan bapak ibu lan liyan-liyane" mewakili panggilan kasih sayang dan penghormatan kepada orang tua dan sesama manusia. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman mendi dalam tentang pesan-pesan dakwah yang tersembunyi pada lirik pada lagu "Kangen Mulih" karya Denny Caknan, serta memberikan kontribusi bagi pemahaman lebih lanjut tentang penggunaan seni musik sebagai media dakwah di dalam masyarakat. Rekomendasi pada penelitian ini adalah literasi informasi mahasiswa harus lebih dikembangkan lagi agar mahasiswa lebih dapat mudah dalam memilih dan mengelola informasi untuk dapat menyelesaikan tugas akhirnya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathmawati, Aprilyaaprilfathma@gmail.com04020120039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis.bachtiar@uinsby.ac.id2019126902
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Denotasi; konotasi; mitos; lirik pada lagu; semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aprilya Fathmawati
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:48
Last Modified: 06 Sep 2024 05:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73561

Actions (login required)

View Item View Item