Pemberdayaan masyarakat lansia melalui kader posyandu dalam meningkatkan kesehatan diri di kampung pucukan kelurahan gebang kecamatan Sidoarjo kabupaten Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sasongko, Divani Putri (2024) Pemberdayaan masyarakat lansia melalui kader posyandu dalam meningkatkan kesehatan diri di kampung pucukan kelurahan gebang kecamatan Sidoarjo kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Divani Putri Sasongko_04020220032.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Divani Putri Sasongko_04020220032_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 October 2027.

Download (3MB)

Abstract

Peneliti melakukan pendampingan di Kampung Pucukan yang bertujuan membahas tentang masalah kesehatan masyarakat yang dialami oleh masyarakat Kampung Pucukan. Masalah tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan. Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola hidup masyarakat Kampung Pucukan dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di Kampung Pucukan. Peneliti menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Dimana dalam metode ini peneliti melibatkan partisipan yang relevan secara aktif dalam mengkaji sebuah fenomena yang ada. Langkah pertama yang dilakukan peneliti ialah membangun kepercayaan pada masyarakat melalui pendekatan awal bersama masyarakat, merumuskan masalah bersama masyarakat, melakukan perencanaan aksi hingga perencanaan aksi terwujud.Strategi pengorganisasian yang dilakukan ialah melakukan peningkatan kesadaran masing – masing masyarakat lewat kampanye door to door mengenai pola hidup sehat dan latihan peregangan bagi lansia, program kelas lansia (kegiatan senam lansia), dan advokasi kepada pemerintah desa mengenai program cek kesehatan gratis setiap satu bulan sekali oleh Puskesmas Sekardangan. Strategi ini dilakukan peneliti bersamaan dengan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya lansia tentang bagaimana cara menjaga kesahatan tubuh agar terhindar dari penyakit berat dan dapat mencapai kesehatan yang optimal. Hasil dari pemberdayaan ini sendiri dapat dilihat melalui perubahan yang terjadi pada masyarakat Kampung Pucukan, seperti : masyarakat khususnya lansia mulai menerapkan pola hidup sehat, masyarakat sudah aktif dalam kegiatan berolahraga, dan aktif dalam memeriksakan kesehatan diri karena adanya program cek kesehatan gratis dari pemerintah desa melalui Puskesmas Sekardangan. Hal ini merupakan strategi peneliti untuk dapat mengurangi permasalahan – permasalahan kesehatan yang ada di Kampung Pucukan. Keberhasilan peneliti dalam proses pendampingan dalam masyarakat bertujuan agar mendapatkan kesejahteraan kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sasongko, Divani Putridipanyptr@gmail.com04020220032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Hubungan Masyarakat
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Pemberdayaan; kesehatan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Divani Putri Sasongko
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:41
Last Modified: 09 Sep 2024 05:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73637

Actions (login required)

View Item View Item