PERANAN GURU AGAMA DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs. TARBIYATUL AKHLAQ DI DESA WEDORO ANOM KEC. DRIYOREJO KAB. GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamam, Hamam (2000) PERANAN GURU AGAMA DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs. TARBIYATUL AKHLAQ DI DESA WEDORO ANOM KEC. DRIYOREJO KAB. GRESIK. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana upaya guru agama dalam mengembangkan kreatitivitas belajar siswa di MTs Tarbiyatul Akhlaq Wedoroanom Kec. Driorejo Kab. Gresik, bagaimana keadaan belajar siswa di MTs tersebut dan bagaimana peranan guru agama dalam mengembangkan kreativitas belajar siswanya. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasi yang terdiri dari siswa MTs. Tarbiyatul Akhlaq yang berjumlah 130 siswa, sampelnya diambil 30% dari jumlah populasi sehingga jumlahnya sebanyak 40 siswa, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedang analisa datanya menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan data statistik yang menggunakan korelasi product moment. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) Upaya guru agarna di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Akhlaq Wedoroanom Kec. Driyorejo Kab. Gresik ini dalam rangka meningkatkan kreativitas belajar siswa masih terbatas pada mernberikan dorongnan, perhatian serta motivasi. Guru agama masih jarang yang menggunakan berbagai macam tnetode atau cara dalam mengajar. Namun dari adanya motivlisi ini menirnbulkan dampak yang positif dalam kreativitas belajar, ini berarti pelaksanaan peranan guru agama adalah sedang atau cukup. (2) Keadaan guru agama dalam mengembangkan belajar siswa adalah dengan mengnakan metode diskusi, tanya jawab, dan rnetode belajar kelompok. Ternyata dengan adanya tiga macam metode ini ada pengaruh terhadap nilai dan pengetahuan siswa, baik pengetahuan pelajaran maupun pengetahuan luar. Hal ini rnenunjukkan bahwa kreativitas belalar siswa yang di gunakan adalah cukup. (3) keadaan peranan guru agama dalam mengembangkan kreativitas belajar adalah menunjukkan cukup. Hal ini diketahui dari hasil rumus korelasi yang menunjukkan korelasi sedang atau cukup. Hal ini berdasarkan perhitungan product moment yaitu sebesar 0,553 yang bila di konsultasikan dengan nilai interpretasi, nilai tersebut berarti di antara 0,40 - 0,70 (korelasi sedang atau cukup).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kasijan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamam, HamamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Keywords: Peranan guru; kreativitas belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:09
Last Modified: 25 Jul 2016 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7366

Actions (login required)

View Item View Item