Telaah ayat-ayat kesetaraan gender perspektif KH. Mustofa Bisri dalam kajian tafsir al Ibriz di youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhoyfullah, Muhammad Hafiz (2024) Telaah ayat-ayat kesetaraan gender perspektif KH. Mustofa Bisri dalam kajian tafsir al Ibriz di youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafiz Dhoyfullah_07040320134.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Hafiz Dhoyfullah_07040320134_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini menggambarkan keresahan terkait masih berlakunya sistem patriarki yang mendalam dalam struktur sosial masyarakat Indonesia, yang telah bertahan melintasi generasi selama berabad-abad dan sulit untuk dihapuskan dengan cepat. Salah satu dampak utamanya adalah ketidaksetaraan gender yang nyata, di mana patriarki sering kali menempatkan perempuan dalam posisi inferior dibandingkan laki-laki, menciptakan berbagai bentuk ketidakadilan yang memicu kekerasan domestik. Pendekatan tradisional ini memperkuat perilaku sewenang-wenang lakilaki terhadap perempuan, yang memperburuk kondisi kekerasan domestik yang masih menjadi masalah signifikan di masyarakat saat ini, seperti peningkatan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Urgensi untuk mengatasi akar masalah patriarki sangat ditekankan guna mencapai kesetaraan gender yang sebenarnya. Dalam konteks akademik, penelitian ini menyoroti pentingnya memahami dan menganalisis dampak patriarki terhadap ketidaksetaraan gender serta kekerasan domestik, sebagai landasan untuk merumuskan kebijakan publik dan tindakan sosial yang berkelanjutan. Gus Mus, dalam tafsir Al-Qur'an Al-Ibriz, mengusung konsep kesetaraan gender dengan pendekatan modern melalui media audiovisual, menafsirkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kesamaan dalam hak dan kewajiban dari segala sisi, dengan penekanan bahwa tidak ada yang harus diunggulkan atau dilemahkan berdasarkan jenis kelaminnya. Penelitian ini menggunakan metode maudhu’i dalam tafsir Al-Ibriz untuk mengumpulkan ayatayat yang berkaitan guna mendalami pandangan Gus Mus. Dengan pendekatan deskriptif dan penelitian pustaka, penelitian ini menemukan bahwa kesetaraan gender dalam tafsir Gus Mus didasarkan pada ayat-ayat tertentu seperti Surah AliImran ayat 195 dan Al-Nisa’ ayat 34, yang menegaskan kesetaraan hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan, dengan perbedaan hanya pada aspek fisik dan psikis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhoyfullah, Muhammad Hafizhafizdhoyfullah34@gmail.com07040320134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarofah, Musyarofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Anak
Adab
Keywords: Kesetaraan gender; tafsir al Ibriz; Gus Mus
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hafiz Dhoyfullah Muhammad
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:44
Last Modified: 12 Sep 2024 01:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73675

Actions (login required)

View Item View Item