Analisis penggunaan akad salam dan manajemen risiko pada jual beli online di marketplace Shopee: studi kasus pada toko Rarts Gallery Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Khunnafa Faridhatul (2024) Analisis penggunaan akad salam dan manajemen risiko pada jual beli online di marketplace Shopee: studi kasus pada toko Rarts Gallery Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khunnafa Faridhatul Ulfa_08020420057 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Khunnafa Faridhatul Ulfa_08020420057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Penggunaan Akad Salam dan Manajemen Risiko pada Jual Beli Online di Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Toko Rarts Gallery Sidoarjo)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang mekanisme jual beli online pada toko Rarts Gallery Sidoarjo menggunakan shopee, praktik jual beli online menggunakan akad salam yang dipraktikkan oleh pemilik toko Rarts Gallery Sidoarjo pada marketplace shopee dan manajemen risiko yang dilakuan oleh pemilik toko Rarts Gallery Sidoarjo dalam jual beli online pada marketplace shopee. Agar dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu adanya metode penelitian. Jenis metode yang digunakan peneliti yakni penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yakni diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Mekanisme jual beli online pada toko Rarts Gallery Sidoarjo menggunakan shopee dengan sistem pre-order; 2) Praktik transaksi jual beli online menggunakan akad salam yang dipraktikkan oleh pemilik toko Rarts Gallery Sidoarjo sudah sesuai dengan rukun dan syarat akad salam; 3) Manajemen risiko yang dipraktikkan toko Rarts Gallery Sidoarjo pada shopee menggunakan akad salam dilakukan dengan cara identifikasi risiko, evaluasi risiko, pengukuran risiko, pengelolalan dan riview risiko terdapat 5 macam risiko. Penelitian ini memberikan saran pada pemilik toko Rarts Gallery Sidoarjo agar meminimalisir risiko yang terjadi pada toko dengan menggunakan manajemen risiko yang susuai dengan risiko yang terjadi dan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan adalah dengan menggunakan objek penelitian marketplace dan lokasi penelitian berbeda namun dengan variable sama yaitu akad salam dan manajamen risiko.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Khunnafa Faridhatulkhunnafa.ulfa1208020420057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Internet
Jual Beli
Keywords: Akad salam; manajemen risiko; jual beli online; marketplace Shopee
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khunnafa Faridhatul Ulfa
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:44
Last Modified: 10 Sep 2024 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73682

Actions (login required)

View Item View Item