Pengaruh affiliator dan flash sale terhadap keputusan pembelian produk Serum Somethinc di Shopee dengan minat beli sebagai variabel mediasi ditinjau dalam perspektif Muhammad Syakir Sula

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliefia, Ocha (2024) Pengaruh affiliator dan flash sale terhadap keputusan pembelian produk Serum Somethinc di Shopee dengan minat beli sebagai variabel mediasi ditinjau dalam perspektif Muhammad Syakir Sula. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ocha Aliefia Putri_08020420068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Ocha Aliefia Putri_08020420068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini, persaingan antara perusahaan dalam berbagai sektor bisnis sangatlah ketat, terutama dalam bidang pemasaran. Perusahaan-perusahaan harus terus berinovasi dalam mengembangkan strategi pemasaran yang kreatif untuk menarik minat konsumen, yang pada akhirnya dapat mendorong mereka untuk mengambil keputusan pembelian. Namun persaingan yang ketat ini, seringkali membuat sebuah perusahaan melupakan pentingnya menjalankan nilai-nilai etis dan moral dalam pemasaran, atau pemasaran yang sesuai prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel affiliator dan flash sale terhadap keputusan pembelian produk serum Somethinc di Shopee dengan minat beli sebagai variabel mediasi ditinjau dalam perspektif Muhammad Syakir Sula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang merupakan model persamaan Structural Equation Model (SEM) yang diolah melaui software SmartPLS 3.2.9. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel affiliator memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variable flash sale tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Peran variabel mediasi dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara full mediation, yang mana affiliator dan flash sale memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian serum Somethinc yang dimediasi oleh minat beli pada Official Store Somethinc di Shopee. Affiliator yang memasarkan produk Somethinc telah menunjukkan komitmen terhadap prinsip-prinsip Muhammad Syakir Sula dalam promosinya. Namun, promosi flash sale Somethinc dapat mendorong konsumen untuk membuat keputusan impulsif tanpa mempertimbangkan etika secara matang. Hal ini bertentangan dengan salah satu prinsip Muhammad Syakir Sula, yaitu prinsip humanistis di mana perusahaan seharusnya memprioritaskan kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan bekerjasama dengan para affiliator untuk melakukan promosi, terutama pada Program Shopee Affiliate. Dan melakukan promosi flash sale dengan memberikan potongan harga kepada konsumen. Sehingga akan muncul minat beli konsumen dan berakhir pada keputusan pembelian. Namun para affiliator dan perusahaan harus tetap memastikan bahwa promosi yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliefia, Ochaochaaliefiaputri@gmail.com08020420068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNabilah, Saqofasaqofa.nabilah.aini@uinsa.ac.id199301092020122028
Subjects: Ekonomi Islam
Media Sosial
Keywords: Afiliator; flash sale; keputusan pembelian; minat beli; Somethinc
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ocha Aliefia Putri
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:34
Last Modified: 23 Sep 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73801

Actions (login required)

View Item View Item