Produk Murabahah dalam peningkatan penghasilan UMKM di BSI Jombang Wahid Hasyim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridwan, Mashuda Salahuddin (2024) Produk Murabahah dalam peningkatan penghasilan UMKM di BSI Jombang Wahid Hasyim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mashuda Salahuddin Ridwan_G04219042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Mashuda Salahuddin Ridwan_G04219042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan hasil penggabungan dari tiga bank umum milik negara yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah (BNIS) dan BRI Syariah (BRIS). Penelitian ini dilaksakan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Wahid Hasyim. Alamat Jl. Wahid Hasyim Nomor 9 A1-A2 Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui Mengetahui seberapa optimal pembiayaan Murabahah dalam upaya peningkatan pendapatan UMKM di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim seberapa optimal pembiayaan Murabahah dalam upaya peningkatan pendapatan UMKM di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim. Dalam penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan model pendekatan studi kasus (case study). penelitian ini memakai survei pendekatan Kualitatif untuk menganalisa pembiayaan Murabahah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam memilih bank syariah didaerah Jombang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan dari beberapa nasabah yang menjadi informan menyatakan bahwa Bank Syariah Indonesia berperan penting dalam upaya peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebab dengan adanya pembiayaan yang diberikan, secara umum usaha nasabah yang awalnya normal bisa meningkat. Jadi terlihat bahwa Bank Syariah Indonesia berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Kendala yang dihadapi Bank Syariah Indonesia dalam memberikan pembiayaan murabahah adalah kelengakapan berkas-berkas. Karena jika salah satu persyaratan administrasi tersebut tidak dapat di penuhi oleh calon nasabah maka pembiayaan tidak dapat di salurkan oleh pihak Bank, dan juga ketidak jujuran nasabah dalam memberikan informasi dan laporan-laporan tentang kegiatan usahanya, posisi keuangannya, hutang piutang dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridwan, Mashuda Salahuddindimasarsume@gmail.comG04219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahmasadah@uinsa.ac.id2105127801
Subjects: Bank Islam
Wirausaha
Keywords: Produk murabahah; pemberdayaan UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mashuda Salahuddin Ridwan
Date Deposited: 17 Sep 2024 05:14
Last Modified: 17 Sep 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73803

Actions (login required)

View Item View Item