Strategi peningkatan minat peserta didik dalam kegiatan perjusami di Madrasah Ibtidaiyah: studi kasus MI Nurul Huda Ngampelsari dan MI Roudlotul Huda Klurak – Candi - Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subaidah, S (2024) Strategi peningkatan minat peserta didik dalam kegiatan perjusami di Madrasah Ibtidaiyah: studi kasus MI Nurul Huda Ngampelsari dan MI Roudlotul Huda Klurak – Candi - Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
S. Subaidah_02041022014.pdf

Download (14MB)
[img] Text
S. Subaidah_02041022014_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2027.

Download (14MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang strategi madrasah dalam meningkatkan minat peserta didik pada kegiatan perjusami, persoalan yang akan dijawab dalam tesis ini adalah 1) problematika yang muncul pada rendahnya minat peserta didik dalam kegiatan perjusami pada ekstrakurikuler pramuka kelas IV di MI Nurul Huda Ngampelsari dan MI Roudlotul Huda Klurak. 2) strategi yang lakukan madrasah dalam meningkatkan minat peserta didik pada kegiatan perjusami di MI Nurul Huda Ngampelsari dan MI Roudlotul Huda Klurak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil analisa dan pembahasan dalam penelitian yang terungkap bahwa problematika yang muncul pada rendahnya minat mengikuti kegiatan perjusami di MI Nurul Huda Ngampelsari dan MI Roudlotul Huda Klurak dikarenakan; a) orang tua memiliki persepsi negatif bahwa kegiatan perjusami hanya berfokus pada kegiatan berkemah dan survival, b) terbatasanya fasilitas yang dimiliki madrasah, c) kurang maksimalnya madrasah dalam memberikan pemahaman terkait kegiatan perjusami, d) jadwal kegiatan yang berbenturan dengan kegiatan lain, e) minimnya dukungan dan motivasi dari orang tua. Kemudian strategi yang dilakukan madrasah dalam meningkatkan minat peserta didik pada kegiatan perjusami dengan cara; melakukan integrasi kurikulum, pendekatan partisipatif pimpinan dan guru madrasah, mempromosikan dan publikasi kegiatan perjusami, pertimbangan teori minat, evaluasi alternatif solusi melibatkan orang tua dan tokoh masyarakat, monitoring dan evaluasi berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subaidah, Szubaida.inem@gmail.com02041022014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Bimbingan Belajar
Belajar
Disiplin Sekolah
Keywords: Strategi; peningkatan minat; kegiatan perjusami
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S Subaidah
Date Deposited: 19 Sep 2024 05:21
Last Modified: 19 Sep 2024 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73840

Actions (login required)

View Item View Item