Pengaruh pendapatan, pemahaman dan kepercayaan terhadap minat berwakaf tunai pada lembaga nazhir wakaf persada

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khairatun (2024) Pengaruh pendapatan, pemahaman dan kepercayaan terhadap minat berwakaf tunai pada lembaga nazhir wakaf persada. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khairatun Nisa'_08020520022.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Khairatun Nisa'_08020520022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “pengaruh pendapatan, pemahaman, dan kepercayaan terhadap minat berwakaf tunai pada lembaga nazhir wakaf persada” ini merupakan penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai apakah pendapatan, pemahaman dan kepercayaan memiliki pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap minat berwakaf tunai pada lembaga Nazhir Wakaf PERSADA. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini ialah metode survei melalui pendekatan field research. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang berjumlah 40 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regressi linear berganda dengan menggunakan sofware SPSS 26.0 untuk menguji beberapa uji seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendapatan, pemahaman dan kepercayaan secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat berwakaf tunai pada lembaga Nazhir Wakaf PERSADA. Sedangkan variabel pendapatan dan pemahaman tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat berwakaf tunai pada lembaga Nazhir Wakaf PERSADA, berbeda dengan variabel kepercayaan memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat berwakaf tunai pada lembaga Nazhir Wakaf PERSADA. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan yaitu Lembaga Nazhir Wakaf PERSADA agar dapat lebih banyak memberikan literasi dan kajian-kajian yang membahas tentang wakaf tunai, mengadakan program sosialisasi tentang wakaf tunai dengan kemudahan akses untuk berpartisipasi, mengajak wakif untuk ikut berkontibusi dalam kemaslahatan umat, memberikan berbagai informasi tentang pentingnya wakaf tunai serta manfaat yang diperoleh dari wakaf tunai, dan diharapkan lembaga Nazhir Wakaf PERSADA dapat menjaga kepercayaan wakif daam mengelolaa wakaf tunai dangan baik dan benar, sehingga dapat menarik dan meningkatkan minat wakif dalam melakukan wakaf tunai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khairatunkhairatunnisaismailchalid21@gmail.com08020520022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyihabuddin, Atokatok2016@uinsa.ac.id198501022023211011
Subjects: Wakaf
Keywords: Pendapatan; pemahaman; kepercayaan; minat; wakaf tunai
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Khairatun Nisa'
Date Deposited: 19 Sep 2024 08:39
Last Modified: 19 Sep 2024 08:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73855

Actions (login required)

View Item View Item