تطوير وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام نيرفود لترقية مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الصف الثامن بمدرسة نهضة العلماء هاشم أشعري المتوسطة سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Assyifa, Ummu Hani (2023) تطوير وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام نيرفود لترقية مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الصف الثامن بمدرسة نهضة العلماء هاشم أشعري المتوسطة سيدوارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Hani Assyifa_02040920035 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ummu Hani Assyifa_02040920035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Nearpod untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas 8 SMP NU Hasyim Asy’ari, 2) Mengetahui penggunaan media pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Nearpod untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas 8 SMP NU Hasyim Asy’ari, 3) Mengetahui efektifitas media pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Nearpod untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa kelas 8 SMP NU Hasyim Asy’ari. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Peneliti menggunakan 5 alat penelitian untuk mengumpulkan data, yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, peneliti menggunakan “Skala Likert” untuk mengetahui hasil kuesioner dan Paired Sample T-test (SPSS 20) untuk mengetahui hasil pre-test dan post-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Sekolah telah menyediakan media seperti, computer, LCD, dan Proyektor. Akan tetapi, guru bahasa Arab hanya menggunakan media papan tulis dan buku paket, yang mana buku paket tersebut hanya terbatas yang dapat dipinjam oleh siswa. 2) Media pembelajaran divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, hasil penilaian dari ahli media yaitu dan 100%, dan hasil penilaian dari ahli materi yaitu 82%. Adapun dari respon siswa mendapatkan nilai 82,8%. Semua nilai termasuk dalam kategori “sangat baik”. 3) Hasil pretest mendapatkan 56,8% dan hasil posttest mendapatkan 82,2%. Dan nilai sig (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulannya, bahwa media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Nearpod untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab bagi siswa kelas 8 SMP ialah SMP NU Hasyim Asy’ari ialah efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Assyifa, Ummu Haniassyifahani1@gmail.com02040920035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Media Pembelajaran; Pembelajaran Bahasa Arab; Nearpod.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ummu Hani Assyifa
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:59
Last Modified: 27 Sep 2024 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73896

Actions (login required)

View Item View Item