This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Febriyanti, Cindy Novarina (2023) Pengaruh minat belajar, perilaku belajar dan latar belakang pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderating. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cindy Novarina Febriyanti_G72219043 full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2027. Download (5MB) |
|
Text
Cindy Novarina Febriyanti_G72219043.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tingkat Pemahaman Akuntansi merupakan topik yang penting untuk diteliti karena mahasiswa harus memiliki tingkat pemahaman akuntansi yang tinggi guna mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dengan daya saing tinggi di setiap tahunnya serta sebagai penunjang mahasiswa untuk melanjutkan studi ke tingkat selanjutnya. Ditemukannya fenomena peningkatan tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa di tahun 2019 ke tahun 2020 yang diperoleh dari presentase kelulusan Ujian Standar Keahlian Akuntansi Dasar (USKAD), dan hasil pra survey yang diperoleh peneliti menunjukkan IPK mahasiswa dengan nilai yang baik. Namun pada pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah akuntansi masih banyak yang memilih kurang paham. Hal ini dapat terjadi karena cenderung mahasiswa belajar saat akan menghadapi ujian saja dan kurang memperhatikan pada saat mata kuliah berlangsung. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui minat belajar, perilaku belajar dan latar belakang pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderating pada mahasiswa akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Objek penelitian pada penelitian ini merupakan mahasiswa aktif prodi akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2020 dan 2021 dengan jumlah 266 mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini yakni 134 mahasiswa yang diperoleh melalui rumus Isaac dan Michael. Pada penelitian ini diuji dengan bantuan software SPSS Versi 23. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwasannya minat belajar, perilaku belajar dan latar belakang Pendidikan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan kecerdasan spiritual tidak dapat memoderasi hubungan antara minat belajar, perilaku belajar dan latar belakang pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Berdasarkan temuan diatas diharapkan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas belajar dan dapat mengontrol perilaku belajar yang baik guna meningkatkan tingkat pemahaman akuntansi yang dimilikinya. Serta dapat dijadikan evaluasi bagi program studi untuk dapat menghasilkan akuntan yang berkualitas dicerminkan dengan tingkat pemahaman akuntansi yang dimiliki mahasiswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi Belajar |
||||||||
Keywords: | Minat belajar; perilaku belajar; pendidikan; akuntansi; kecerdasan spiritual | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Cindy Novarina Febriyanti | ||||||||
Date Deposited: | 15 Oct 2024 07:24 | ||||||||
Last Modified: | 15 Oct 2024 07:24 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74089 |
Actions (login required)
View Item |