Pengaruh social influence, penguasaan teknologi, persepsi kemudahan, dan kepercayaan, dengan literasi digital sebagai variabel moderasi terhadap preferensi generasi milenial Surabaya dalam membayar zakat melalui platform digital

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Diah Kartika (2024) Pengaruh social influence, penguasaan teknologi, persepsi kemudahan, dan kepercayaan, dengan literasi digital sebagai variabel moderasi terhadap preferensi generasi milenial Surabaya dalam membayar zakat melalui platform digital. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Kartika Wati_08010520004 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 October 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Diah Kartika Wati_08010520004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di zaman sekarang ini dalam menghadapi era digital, kemajuan teknologi semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Pemanfaatan teknologi diperlukan sebagai solusi permasalahan ketidakefektifnya pengumpulan zakat, infak dan sedekah yang masih dilakukan secara tradisional, proporsi penerimaan dana zakat, infak dan sedekah pada Lembaga Amil Zakat paling besar didapatkan dari cara pembayaran elektronik yakni melalui transfer penerimaannya mencapai 60-70% dari total penerimaan yang ada, dapat disimpulkan faktor teknologi dalam pengumpulan dana zakat, infak dan sedekah memiliki dampak yang signifikan terhadap pengumpulan zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur variabel Social Influence, Penguasaan Teknologi, Persepsi Kemudahan, dan Kepercayaan terhadap Preferensigenerasi milenial dalam menggunakan platform digital dengan Literasi Digital sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial Kota Surabaya. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik analisis yang diterapkan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi generasi milenialdalam membayar zakat melalui platform digital. Sebaliknya, variabel Penguasaan Teknologi, Persepsi Kemudahan, dan Kepercayaan memiliki pengaruh langsung yang signifikan. Selain itu, Literasi Digital berperan sebagai moderator yang mampu memperkuat pengaruh Social Influence, Penguasaan Teknologi, terhadap preferensi dalam membayar zakat secara digital. Namun, Literasi Digital tidak mampu memoderasi hubungan antara Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan terhadap preferensi dalam membayar zakat melalui platform digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Diah Kartika08010520004@student.uinsby.ac.id08010520004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi
Teknologi
Zakat
Keywords: Social influence; penguasaan teknologi; persepsi kemudahan; literasi digital; platform digital
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Diah Kartika Wati
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:06
Last Modified: 21 Oct 2024 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74158

Actions (login required)

View Item View Item