Strategi bersaing pada travel haji dan umrah lintas darfiq group Lamongan menggunakan servo analisis dalam prespektif etika bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujahadah, Alifatul (2024) Strategi bersaing pada travel haji dan umrah lintas darfiq group Lamongan menggunakan servo analisis dalam prespektif etika bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifatul Mujahadah_08040420095 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alifatul Mujahadah_08040420095 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing pada travel haji dan umrah lintas darfiq group lamongan menggunakan servo analysis. Beserta strategi bersaing pada travel haji dan umrah lintas darfiq group lamongan perspektif ekonomi islam. Dalam dunia usaha, persaingan semakin ketat khususnya bagi biro perjalanan wisata dan sektor perjalanan wisata secara keseluruhan khususnya haji dan umroh. Salah satu industri pariwisata di Indonesia yang berkembang pesat adalah perjalanan ibadah haji dan umroh. Bisnis perjalanan ibadah haji dan umroh memiliki masa depan yang menjanjikan karena semakin banyaknya jamaah haji dari berbagai negara dan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji. Dengan adanya persaingan ini pihak travel Lintas Darfiq perlu merancang strategi yang baik dalam menghadapi persaingan yang ada. Peneliti ini mempergunakan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Lokasi dari penelitian berada di Travel Lintas Darfiq Group Lamongan. Sumber data yang diterapkan berupa data primer serta sekunder. Kebutuhan data didapatkan melalui pelaksanaan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya dilaporkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang di dapat memperlihatkan ada tiga jenis strategi bersaing yang di terapkan, diantaranya : 1. Cost leadership, travel menyediakan paket hemat dengan menekan biaya produksi 2. Differentiation strategi, manasik haji yang dilakukan selama 2 hari dengan tujuan jamaah paham tentang ilmu manasik dan pembimbing yang berpengalaman secara akademis dan praktis 3. Fokus strategi, Lintas Darfiq berfokus dalam memberikan pelayanan ibadah yang terbaik. Dari strategi bersaing yang sudah diterapkan oleh travel, kemudian akan dianalisis menggunakan analisis servo yang memiliki 5 elemen diantaranya strategy, environment, resource, value dan organization. Selanjutnya Tinjauan etika bisnis Islamterhadap strategi bersaing yang Pedagang garmen pasar tradisional Darmo Trade Center Wonokromo terapkan sudah memenuhi lima prinsip, diantaranya yakni Tauhid, Keseimbangan, Kehendak bebas, Tanggung Jawab. Selain itu, saran kedepannya untuk travel Lintas Darfiq, di harapkan dapat memperbaiki lagi punishment yang di berikan kepada karyawan dengan di berikannya teguran terlebih dahulu sehingga pihak travel bisa memberikan sanksi apa yang akan diberikan kepada karyawan. Kemudian lebih ditingkatkan lagi dalam strategi bersaing yang sudah diterapkan oleh pihak travel sehingga tidak akan ada penurunan target konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujahadah, Alifatulalifatulmujahadah02@gmail.com08040420095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazzamaziyah.mazza@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Etika
Keywords: Strategi Bersaing; Travel Haji Dan Umrah; Etika Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alifatul Mujahadah
Date Deposited: 28 Oct 2024 02:19
Last Modified: 28 Oct 2024 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74230

Actions (login required)

View Item View Item