This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Laili, Muizzatul (2023) Pengaruh literasi keuangan syariah dan islamic branding terhadap keputusan mahasiswa dalam pengunaan produk bank syariah: studi kasus pada mahasiswa ekonomi syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muizzatul Laili_G04219050 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muizzatul Laili_G04219050 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 November 2027. Download (2MB) |
Abstract
Terdapat dua persoalan yang kemudian menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini, yang pertama; 1. Apakah literasi keuangan syariah dan Islamic branding secara parsial berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam penggunaan produk bank syariah?, 2. Apakah literasi keuangan syariah dan Islamic branding secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam penggunaan produk bank syariah?. Hal ini yang melatar belakangi peneliti memilih kajian ini adalah rendahnya literasi keuangan syariah dalam lingkup mahaiswa ekonomu syariah sendiri. Padahal seharusnya mahasiswa ekonomi syariah lah yang menjadi pioneer dalam menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengertian umumnya kepada masyarakat dan kepada mahasiswa ekonomi syariah secara khusus agar mulai memperhatikan literatur keuangan syariah dan Islamic Branding. Lebih-lebih menggunakan produk bank syariah dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan field research atau penelitian langsung di lapangan, serta melakukan survei yaitu menyebar angket kuesioner pada responden yang menjadi subjek penelitian. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data memalui kuesioner yang telah disebar yang kemudian di isi oleh mahasiswa ekonomi syariah sebagai objek penelitian dalam skripsi ini. Data tersebut menjadi data primer atau utama dalam penelitian ini. Disamping itu, sebagai stimulus analisa hasil penelitian peneliti juga menggunakan data-data dari berbagai literatur seperti buku, media cetak, media online, dll. Penelitian ini mengahsilkan kesimpulan : yang pertama, berdasarkan Uji Parsial (T) Literasi Keuangan Syariah (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan produk bank syariah (Y). Dan pada variable Islamic branding (X2) berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan produk bank syariah (Y). Kedua, Secara penelitian Uji Simultan (F) dimana peneliti dapat menyimpulkan bahwa kedua variabel yaitu literasi keuangan syariah (X1) dan Islamic branding (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan produk bank syariah (Y). Selaras dengan hasil penelitian tersebut terdapat saran yang diberikan oleh peneliti. mulai dari semangat literasi keuangan syariah dan secara terus menerus membangung Islamic Branding sehingga produk- produk syariah dapat menarik bagi khalayak umum.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bank dan Perbankan Islam Ekonomi Islam Hukum Islam |
||||||||
Keywords: | Literasi Keuangan Syariah; Islamic Branding; Keputusan Mahasiswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Muizzatul Laily | ||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:21 | ||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:21 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74310 |
Actions (login required)
View Item |