This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syifa', Siti Nur Rohmatus (2024) Analisis proses berpikir dalam mengenal bentuk dasar geometri dengan menggunakan teori kognitif Jean Piaget pada anak usia 5-6 tahun di RA Babussalam Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Siti Nur Rohmatuz Syifa'_06020920038.pdf Download (12MB) |
|
Text
Siti Nur Rohmatuz Syifa'_06020920038_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 December 2027. Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh masih lemahnya kemampuan proses berpikir peserta didik dalam mengenal bentuk dasar geometri. Dalam melakukan proses berpikir, peserta didik pada umumnya masih kesulitan dalam mengenal konsep bentuk dasar geometri. Karena pentingnya proses berpikir dalam kehidupan sehari-hari terlebih dalam mengenal bentuk dasar geometri, maka perlu bagi peserta didik untuk mengembangkan proses berpikirnya. Proses berpikir memiliki kaitan yang erat dengan perkembangan kognitif dan setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerapkannya, hal ini juga dipengaruhi dari proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas. Menurut teori kognitif Jean Piaget, proses berpikir anak akan melalui lima tahapan yang dimulai dari skema, asimilasi, akomodasi, organisasi, dan ekuilibrasi (disekuilibrium). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir anak dalam mengenal bentuk dasar geometri dengan menggunakan teori kognitif jean piaget dan untuk mengetahui proses pengenalan bentuk dasar geometri oleh guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan materi matematika dasar pada kelompok B yaitu bentuk dasar geometri yang meliputi bentuk lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang. Penelitian ini dilaksanakan di RA Babussalam Krian Sidoarjo pada peserta didik dikelas B1. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas B1 yang memiliki jumlah keseluruhan 17 anak. Dalam penelitian ini, teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, tes sederhana, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi, yang meliputi truangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hampir seluruh peserta didik mulai mampu untuk memenuhi semua tahapan yang ada pada proses berpikir menggunakan teori kognitif Jean Piaget dalam mengenal bentuk dasar geometri walaupun belum sepenuhnya dapat terlaksana; Tahapan pada teori perkembangan kognitif Piaget mampu memberikan gambaran terkait bagaimana peserta didik jenjang usia 5-6 tahun dalam melakukan proses berpikir untuk mengenal bentuk dasar geometri. Pada proses berpikir peserta didik juga banyak melakukan tahap akomodasi dibandingkan dengan asimilasi pada tahapan awal proses berpikir. (2) Dalam proses guru mengenalkan bentuk dasar geometri menggunakan teori kognitif Jean Piaget dapat memberikan hasil yang lebih efektif, karena strategi pembelajaran yang telah disesuaikan dengan setiap tahapan proses berpikir anak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Matematika Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Proses berpikir; bentuk dasar geometri; teori kognitif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Siti Nur Rohmatus Syifa' | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2024 03:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Dec 2024 03:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74497 |
Actions (login required)
View Item |