Konsep bullying dalam al Qur’an: studi ayat-ayat bullying perspektif teori konseling behavior pavlov

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariroh, Roikhatul Jannatul (2024) Konsep bullying dalam al Qur’an: studi ayat-ayat bullying perspektif teori konseling behavior pavlov. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roikhatul Jannatul Bariroh_02040522056.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Roikhatul Jannatul Bariroh_02040522056_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 December 2027.

Download (3MB)

Abstract

Bullying merupakan suatu fenomena dunia yang menjadi tantangan khusus dalam berbagai lapisan masyarakat serta membawa dampak yang kuat baik di lingkungan keluarga, pendidikan, maupun masyarakat. Al-Qur’ᾱn sebagai sumber ajaran agama Islam, secara eksplisit mengecam berbagai bentuk bullying baik berupa verbal maupun nonverbal. Fenomena ini juga dapat merusak kesehatan mental dan emosional individu, sehingga memasukkan teori konseling behavioral Pavlov yang menekankan pada perubahan perilaku melalui stimulus dan respon dengan beberapa penafsiran ayat-ayat bullying dalam al-Qur'ᾱn mampu untuk mengatasi fenomena bullying. Masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana konsep bullying dalam al-Qur'ᾱn? dan bagaimana penerapan teori konseling behavior Pavlov pada penafsiran ayat-ayat bullying? Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengambil pendekatan deskriptif-analitis kualitatif untuk menggambarkan dan menganalisis konsep bullying dalam al-Qur’ᾱn dan teori konseling behavior Pavlov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep bullying dalam al-Qur’ᾱn adalah mengutuk segala bentuk penghinaan atau tindakan bullying baik yang dilakukan oleh orang munafik serta orang kafir kepada Rasul, orang mukmin kepada sesama mukmin, Saudara kepada saudaranya sendiri, orang kafir dan munafik kepada orang mukmin, orang mukmin kepada orang kafir, serta Allah kepada orang kafir dan munafik, baik berupa perkataan, perilaku, maupun dengan isyarat. Sejalan dengan prinsip-prinsip behavior Pavlov bahwa relevansi antara al-Qur’ᾱn dan teori konseling behavioral Pavlov baik pada perilaku bullying verbal maupun non verbal berasal dari rasa marah, lemah, takut, kesal, meremehkan, terlalu mencintai dunia dan kurangnya keimanan di hati sehingga menciptakan stimulus menghina, mencela, dengan perkataan maupun perbuatan, sehingga menimbulkan respon tersakiti, terhina, tidak nyaman di hati korban. Namun dikuatkan dengan rasa iman yang kuat dihati korban. Kemudian pembelajaran sosialnya adalah pendidikan moral, konsekuensi perbuatan negatif baik secara agama seperti hukuman dari Allah berupa azab dunia dan akhirat maupun sosial, dan pentingnya memperhatikan lingkungan positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariroh, Roikhatul Jannatulanna.roikha@gmail.com02040522056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com2004047303
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Psikologi
Al Qur'an
Keywords: Bullying; tafsῑr al Qur’ᾱn; teori Pavlov
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Roikhatul Jannatul Bariroh
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:32
Last Modified: 17 Dec 2024 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74672

Actions (login required)

View Item View Item