Dampak sikap fear of missing out (FOMO) terhadap perilaku impulse buying bagi pengguna twitter: kajian ma’ani al hadith riwayat imam malik nomor 20

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidah, Nur Zunda (2024) Dampak sikap fear of missing out (FOMO) terhadap perilaku impulse buying bagi pengguna twitter: kajian ma’ani al hadith riwayat imam malik nomor 20. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Zunda Zubaidah_07010521019 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Zunda Zubaidah_07010521019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi serta media sosial pada zaman yang serba canggih ini memanglah tidak diragukan lagi. Banyaknya macam media sosial, salah satunya adalah twitter, mampu membawa pengaruh bagi penggunanya. Diantara dampak yang timbul dari penggunaan media sosial adalah munculnya sikap fear of missing out atau perasaan cemas yang timbul dalam diri individu karena takut akan tertinggal informasi pada kehidupan sosialnya. Maraknya postingan di media sosial tentang ulasan ataupun rekomendasi produk dari pengguna tertentu hingga ramai dibicarakan dapat menjadikan seseorang merasa harus mengikuti arus yang ada, sehingga acapkali mereka melakukan pembelian spontan tanpa berpikir lebih lanjut lagi atau dapat disebut juga sebagai pembelian impulsif. Penelitian ini mempunyai beberapa masalah yang akan difokuskan pada tiga rumusan saja sebagai fokus pembahasan. Adapun masalah tersebut adalah mengetahui bagaimana kualitas ataupun ke-hujjah-an hadis pada kitab Muwatta Imam Malik nomor indeks 20. Sesuai dengan teori kajian ilmu ma’ani al-hadith, maka pada penelitian ini juga akan dibahas tentang bagaimana pemahaman hadis tentang larangan menyia-nyiakan harta. Selanjutnya, sesuai dengan pembahasan tentang fenomena dan sebuah hadis, maka pada penelitian ini akan dipaparkan bagaimana keterkaitan antara hadis dalam kitab Muwatta Imam Malik nomor indeks 20 dengan perilaku impulse buying sebagai dampak dari adanya sikap fear of missing out bagi pengguna twitter. Penelitian ini menemukan bahwasannya, pertama, hadis riwayat Imam Malik merupakan suatu hadis yang mempunyai kualitas sahih karena telah memenuhi beberapa syarat sahih, baik dari segi sanad maupun matan hadis, sehingga dapat dikatakan bahwa hadis tersebut maqbul dan dapat dijadikan sebagai hujjah. Kedua, berdasarkan paparan mengenai pemahaman hadis, maka dapat dikatakan bahwasannya seseorang yang melakukan pembelian impulsif tanpa sadar akan kapasitas yang dimiliki dapat dikatakan sebagai seseorang yang menyia�nyiakan harta. Oleh karenanya penting untuk memiliki pengendalian diri agar
meminimalisir timbulnya sikap fear of missing out yang menjadi suatu sebab adanya perilaku impulse buying.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidah, Nur Zundazundazubaidah@gmail.com07010521019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahimah, Rif'iyatulrifiyafahima@uinsby.ac.id2019098801
Subjects: Media Sosial
Hadis
Keywords: fear of missing out; impulse buying; hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nur Zunda Zubaidah
Date Deposited: 02 Jan 2025 01:22
Last Modified: 02 Jan 2025 01:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74915

Actions (login required)

View Item View Item