Pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa dalam kurikulum merdeka di SMAN 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Aqilatuzzakiyyah, Hanun (2024) Pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa dalam kurikulum merdeka di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanun 'Aqilatuzzakiyyah_06020121044 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hanun 'Aqilatuzzakiyyah_06020121044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 krian Sidoarjo. (2) Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Krian Sidoarjo. (3) Pengaruh kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa dalam kurkulum merdeka di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengukur pengaruh pada kedua variabel yakni variabel kompetensi profesional guru dan variabel hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian kuantitatif berupa angka yang dihitung secara statistik. Menggunakan random sampling yang diambil dari populasi kelas XII. Dari total populasi berjumlah 179 diambil 20% hasilnya yakni 35,8 dibulatkan menjadi 36 siswa. Sampel diambil yakni dari kelas XII-7 hingga XII-12. Kelas XII-1 hingga kelas XII-6 dijadikan sebagai pembanding atau variabel kontrol untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang didapat. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Selanjutnya data yang telah diperoleh diuji dengan pengujian prasyarat seperti uji validitas dan reabilitas untuk instrumen, uji normalitas dan linearitas untuk data yang diperoleh dari masing-masing variabel. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam telah dibuktikan melalui sertifikasi yang diperoleh guru tersebut dari pembuatan portfolio dan pelatihan selama beberapa hari yang saat ini berganti menjadi kuliah PPG (Pendidikan Profesi Guru). Selain itu pada hasil angket yang diisi oleh siswa didapatkan bahwa guru tersebut memiliki kompetensi profesional dalam pembelajaran sesuai dengan yang termuat dalam indikator. (2) Pada hasil belajar kelas yang dijadikan sebagai pembanding, rata-rata siswa memperoleh nilai pada angka 70-80 dan nilai tersebut termasuk dalam angka predikat cukup. Sedangkan pada kelas yang diteliti yakni kelas XII-7 hingga XII-12 termasuk dalam kategori predikat baik karena rata-rata hasil belajar yang didapat pada angka predikat 80-90. Itu artinya, guru yang memiliki kompetensi profesional akan mengasilkan hasil belajar yang berbeda dengan guru yang belum bersertifikasi sebagai guru profesional. (3) Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh pengaruh yang signifikan dilihat dari t_hitung>t_tabel (2,250 > 1,691) maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Melalui uji-t pula, didapatkan nilai sig. 0,031 lebih kecil dari 0,05 (0,031 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara kompetensi professional guru dengan hasil belajar siswa. Pada uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R Square sebesar 36%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Aqilatuzzakiyyah, Hanunhanunaqilatuzzakiyyah@gmail.com06020121044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknosutiknohadi808@gmail.com2006086803
Thesis advisorMuhammad, Fahmimuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kompetensi Profesional; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanun 'Aqilatuzzakiyyah
Date Deposited: 03 Jan 2025 07:31
Last Modified: 03 Jan 2025 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74996

Actions (login required)

View Item View Item