This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Safitri, Izza (2025) Perbandingan implementasi nilai-nilai pendidikan kitab ta'limul muta'alim dalam membentuk etika belajar santri di Pondok Pesantren As-Syafi'iyah Bungah dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Izza Safitri_02040823011 OK.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Izza Safitri_02040823011 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 8 September 2028. Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan memfokuskan tujuannya pada pengembangan individu yang sadar akan tempatnya di masyarakat, di hadapan Tuhan, dan di dalam dirinya untuk mengembangkan individu, terutama siswa yang bermoral lurus. Tujuan dimasukkannya prinsip-prinsip yang terdapat dalam kitab Ta’lim Muta’alim ke dalam proses pendidikan adalah untuk mengembangkan manusia yang mampu melaksanakan tugasnya sebagai hamba Allah SWT. Pendidikan seharusnya mendorong setiap individu untuk mengabdikan diri secara utuh kepada Allah SWT. Tujuan dari kajian ini yaitu:1.Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Kitab Ta’limul Muta’alim dalam Membentuk Etika Belajar Santri di Pondok Pesantren As-Syafi'iyah Bungah dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar Gresik. 2. Bagaimana Implementasi Nilai-nilai pendidikan Akhlak Kitab Ta’limul Muta’alim dalam Membentuk Etika Belajar Santri.3.Bagaimana Persamaan dan Perbedaan Implementasi nilai-nilai pendidikan Kitab Ta’limul Muta’alim dalam Membentuk Etika Belajar Santri di Pondok Pesantren As-Syafi'iyah Bungah dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar Gresik. Untuk mencapai tujuan diatas penulis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok.Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan 1). Nilai-nilai Pendidikan Kitab Ta'lim Muta'allim di Pondok Pesantren As-Syafi'iyah Bungah dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar Gresik. Pondok Pesantren As-Syafi'iyah cenderung mempertahankan kurikulum salafi tradisional dengan fokus pada spiritualitas, sementara Mambaus Sholihin menggabungkan kurikulum tradisional dan modern dengan penekanan pada penguasaan bahasa, keterampilan sosial, dan kepemimpinan.2. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Kitab Ta'lim Mutaalim di Pondok Pesantren As-Syafi'iyah Bungah dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar Gresik. Kedua pesantren mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan kitab tersebut, yang meliputi niat yang benar, tawakkal, tawadhu', adab kepada guru, keikhlasan, kesabaran, dan menjauhi perbuatan yang tidak bermanfaat, untuk membangun karakter santri yang berakhlakul karimah. 3. Perbandingan Pondok pesantren As-syafiiyah Bungah dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar Gresik.3) Perbandingan Pondok Pesantren As-Syafi'iyah dan Mambaus Sholihin, yang awalnya murni menerapkan sistem pendidikan salafi, kini telah beradaptasi dengan elemen-elemen pendidikan modern untuk memenuhi kebutuhan santri di era milenial. Keduanya tetap menjaga nilai-nilai tradisional Islam dari kitab Ta'lim Muta'allim seperti niat yang tulus, tawakkal, tawadhu', dan adab kepada guru. Namun, terdapat perbedaan pendekatan, As-Syafi'iyah lebih fokus pada spiritualitas dan kedekatan emosional, sedangkan Mambaus Sholihin menekankan pengembangan keterampilan sosial, bahasa dan kepemimpinan. Kedua pesantren berhasil memadukan nilai-nilai tradisional dengan inovasi pendidikan modern untuk menciptakan sistem pendidikan yang holistik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini menunjukkan bagaimana adaptasi kurikulum di pesantren dapat menciptakan generasi santri yang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga berkarakter Islami yang kuat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Pendidikan Islam Pesantren |
||||||||||||
| Keywords: | implementasi; nilai-nilai kiitab ta’lim muta’allim; pembentukan etika belajar. | ||||||||||||
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Izza Safitri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:20 | ||||||||||||
| Last Modified: | 08 Sep 2025 07:20 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
