Strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa pada kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, I In Nurul (2024) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa pada kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
I In Nurul Aini_06040721100.pdf

Download (3MB)
[img] Text
I In Nurul Aini_06040721100_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 February 2028.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu kesulitan membaca pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya yang masih belum bisa mengeja huruf, baru bisa a, i, u, e, o, ada masih kesulitan pada akhiran (ng) dan (r), belum bisa membedakan huruf-huruf yang hampir serupa, seperti huruf (d) yang terbaca sebagai (b) sering tertukar, suku kata ba bi bu be bo, serta perbedaan pelafalan saat mengeja dan membaca kembali ejaan huruf. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 1 di Madrasah btidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian kualitatif, peneliti harus terjun langsung ke lapangan untuk mencari data yang dibutuhkan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan Kesimpulan. Peneliti melakukan observasi dengan wali kelas dan siswa yang mengalami kesulitan membaca. Peneliti melakukan wawancara dengan wali kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Surabaya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu: kecerdasan, usia, kurangnya latihan. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu: dukungan orang tua, lingkungan dimasyarakat seperti teman sebaya anak yang berpengaruh terhadap belajarnya, dan lingkungan sekolah. Strategi yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan membaca yaitu: fonik, membaca diulang-ulang, dan mengamati siswa yang kesulitan membaca. Strategi tersebut didukung dengan gambar berupa flashcard

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, I In Nuruliinnurulaini30@gmail.com06040721100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsa.ac.id2008088301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsby.ac.id2030078604
Subjects: Guru
Persepsi Guru
Keywords: Strategi; kesulitan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Iin Nurul aini
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:15
Last Modified: 09 Jan 2025 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75293

Actions (login required)

View Item View Item