This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadly, Halim (2024) Peran unit pelaksana teknis perlindungan dan rehabilitasi sosial dalam pembentukan etika dan moral anak berhadapan hukum melalui program pembinaan karakter di Marsudi Putra Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Halim Fadly_10010321011 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Halim Fadly_10010321011 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 January 2028. Download (2MB) |
Abstract
Etika dan moral merupakan unsur fundamental dalam kehidupan, terutama bagi anak berhadapan hukum sebagai generasi penerus bangsa. Nilai-nilai dasar seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan empati sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan kehidupan modern yang dipengaruhi oleh globalisasi, kemajuan teknologi, dan perubahan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra Surabaya melaksanakan program pelatihan karakter yang berperan dalam membentuk etika dan moral anak-anak. Penelitian ini juga membahas proses, metode, dan strategi yang diterapkan UPT untuk mendukung rehabilitasi dan transformasi anak-anak hingga mereka mampu beradaptasi secara positif dalam lingkungan sosial. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa UPT berhasil berperan sebagai pelindung yang memberikan perlindungan penuh bagi anak berhadapan hukum sekaligus menjadi fasilitator dan rehabilitator yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan mereka secara menyeluruh dan berbagai kegiatan dari program yang dijalankan yaitu program pembinaan karakter. Program pembinaan karakter meliputi kegiatan pendidikan nilai-nilai moral dan etika, pelatihan keterampilan sosial, serta pembinaan rohani untuk memperkuat fondasi moral mereka. Anak-anak yang telah mengikuti program ini menunjukkan perubahan signifikan dalam perilaku, peningkatan kesadaran akan norma sosial, serta kemampuan beradaptasi yang lebih baik saat kembali ke masyarakat. Temuan ini mempertegas peran strategis UPT sebagai lembaga rehabilitasi yang mendukung pembentukan individu bermoral dan beretika.Melalui program pembinaan karakter, anak-anak mampu memahami nilai benar-salah, membangun kepercayaan diri, dan meningkatkan kemandirian. Keberhasilan ini terlihat dari perubahan positif perilaku, motivasi melanjutkan pendidikan, pengelolaan emosi yang lebih baik, serta pengambilan keputusan yang bijak, dengan hasil nyata yang didukung oleh presentase keberhasilan program
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Kenakalan Anak dan Remaja Sosiologi |
||||||||
Keywords: | etika; moral; pembinaan karakter; anak berhadapan hukum; unit pelaksana teknis | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
Depositing User: | Halim Fadly Mohammad | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 07:05 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75325 |
Actions (login required)
View Item |