Pengaruh strategi pembelajaran reading aloud terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Yapita Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Erna Munjidatul (2024) Pengaruh strategi pembelajaran reading aloud terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Yapita Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erna Munjidatul Anggraini_06040721120 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Erna Munjidatul Anggraini_06040721120 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2028.

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman Penelitian ini dilakukan karena Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD YAPITA Surabaya kelas V-A dan V-B belum begitu menarik karena selama pembelajaran berlangsung hanya menggunakan strategi konvensional dan strategi literasi yang monoton. hal ini menyebakan keterampilan membaca peserta didik tergolong rendah. Indikasinya adalah terdapat peserta didik yang merasa bosan, tidak kondusif dikelas dan terdapat peserta didik yang mengantuk. Hal ini juga dikarenakan kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Aloud Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD YAPITA Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode penelitian yakni Quasi Experiment dengan desain Two Group Pre-test Post-test Design yang diadakan dengan melakukan penelitian langsung terhadap dua kelompok subjek dengan dua kondisi observasi yang dilaksanakan. Penelitian dilakukan kepada peserta didik dengan menggunakan Teknik Stratisfied Random Sampling yang melibatkan pembagian populasi menjadi kelompok kecil berdasarkan kelas atau sekolah dengan jumlah proporsional dimana untuk kelas kontrol (V-A) dan untuk kelas eksperimen (V-B) dengan jumlah semua sampel 59 peserta didik.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis uji T-test sample independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest peserta didik sebelum perlakuan dengan menggunakan reading aloud nilai rata-rata kelas (V-A) adalah 68,02 sedangkan nilai akhir posttest setelah dilakukannya perlakuan menggunakan metode reading aloud nilai rata-rata menjadi 82,90. sedangkan nilai awal peserta didik sebelum perlakuan dengan menggunakan reading aloud nilai rata-rata kelas (V-B) adalah 61,43 sedangkan nilai akhir setelah dilakukannya perlakuan menggunakan metode reading aloud nilai rata-rata menjadi 81,81. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Perbedaan dari kedua kelas tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hal tersebut dilihat dari hasil uji-t sampel independen diperoleh nilai nilai signifikan untuk kesamaan dua rata rata keterampilan membaca pemahaman pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,004 < 0,05 , maka H0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Reading Aloud terhadap keterampilan membaca pemahaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Erna Munjidatulernamunjidatulanggraini@gmail.com06040721120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauharoti, Alfinalfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsby.ac.id2030078604
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Strategi Reading Aloud; Keterampilan membaca pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erna Munjidatul Anggraini
Date Deposited: 11 Jan 2025 05:40
Last Modified: 11 Jan 2025 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75386

Actions (login required)

View Item View Item