This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Husnah, Barizatul (2024) Implementasi pameran projek bertema kewirausahaan dalam mengembangkan sikap kreatif pada peserta didik kelas IV MIS Tarbiyatus Shibyan Wotan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Barizatul Husnah_06040721091 full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 January 2028. Download (5MB) |
|
Text
Barizatul Husnah_06040721091.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pameran projek adalah wadah untuk membentuk sikap peserta didik melalui pembelajaran yang relevan dari lingkungan sekitar, sehingga mendalam dan bermakna. Pengalaman ini dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan untuk menghasilkan ide inovatif di masa depan. Kurangnya percaya diri dan kemauan mencoba dapat menghambat kemampuan berwirausaha. Indonesia, sebagai negara berkembang, berupaya meningkatkan kualitas hidup melalui pendidikan yang mempersiapkan generasi dengan keterampilan kreatif dan semangat wirausaha melalui kegiatan inovatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pameran projek dengan cara tertentu, menganalisis pelaksanaan pameran projek , dan mengevaluasi hasil pameran projek bertema kewirausahaan di MIS Tarbiyatus Shibyan Wotan Gresik, dengan fokus pada pengembangan sikap kreatif peserta didik kelas IV yang diharapkan dapat mendukung perkembangan sikap inovatif mereka. Penelitian ini menggunakan metode jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk menggali data dan menggambarkan secara jelas. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Serta untuk menjaga keaslian data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dan teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi pameran projek bertema kewirausahaan dalam mengembangkan sikap kreatif pada peserta didik kelas IV MIS Tarbiyatus Shibyan Wotan Gresik menunjukkan bahwa : 1) perencanaan meliputi: (a) pembentukan tim, (b) merancang tema, dimensi dan alokasi waktu, (c) merancang modul projek dan (d) merancang pelaporan data. 2) Pelaksanaan meliputi, a) pengenalan, b) kontekstualisasi, (c) aksi, (d) Refleksi dan tindak lanjut. 3) Hasil evaluasi, sesuai pedoman penilaian sikap kreatif bahwa peserta didik menunjukkan kreativitas dalam mengemas produk, merancang nama menu, membuat desain pamflet menarik, dan memanfaatkan teknologi untuk promosi. Mereka juga melakukan presentasi dengan gaya sendiri tanpa arahan guru, serta dapat menceritakan tugas mereka dengan percaya diri, meskipun masih membutuhkan bimbingan dan presentasinya belum sepenuhnya memuaskan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Perilaku Wirausaha |
||||||||||||
Keywords: | Pameran projek; kewirausahaan; peserta didik | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Barizatul Husnah | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:41 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75428 |
Actions (login required)
View Item |