This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Alvia Amalani Mujaroh (2024) Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V di MIN 2 Sidoarjo pada mata pelajaran IPAS materi cahaya dan bunyi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Alvia Amalani Mujaroh Putri_06020721033.pdf Download (6MB) |
|
Text
Alvia Amalani Mujaroh Putri_06020721033_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 January 2028. Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yakni terdapat peserta didik yang pada saat mengerjakan soal merasa tidak yakin dengan jawaban yang dimilikinya. Peserta didik lebih memilih untuk melihat jawaban milik temannya dibandingkan berusaha untuk memecahkan persoalan yang ada. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik memiliki tingkat self-efficacy yang rendah. Selain itu, masih terdapat peserta didik yang kesulitan dalam memecahkan persoalan yang diberikan. Dari hasil tes yang didapat, beberapa peserta didik masih belum mampu untuk menyelesaikan persoalan dengan tepat dan masuk ke dalam kategori perlu bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di MIN 2 Sidoarjo. Jenis pendekatan pada penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yakni ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket dan tes. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan regresi linier sederhana. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni siswa kelas V di MIN 2 Sidoarjo dengan jumlah populasi sebanyak 82 orang dan sampel penelitian yakni siswa dengan tingkat self-efficacy dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 70 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V di MIN 2 Sidoarjo pada mata pelajaran IPAS. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai probabilitas (p-value) yakni 0,000 < 0,05 lebih kecil dari nilai α, dengan besar pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah yakni sebesar 41,3%, yang mana sisanya 58,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Psikologi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Self-efficacy; kemampuan pemecahan masalah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Alvia Amalani Mujaroh Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:04 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75473 |
Actions (login required)
View Item |