Implementasi pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam mengantisispasi penyimpangan perilaku siswa di SMPN 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Syahrina Nurul (2024) Implementasi pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam mengantisispasi penyimpangan perilaku siswa di SMPN 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Syahrina Nurul Izzah_06030121083.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Syahrina Nurul Izzah_06030121083_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Syahrina Nurul Izzah, 2024, Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mengantisipasi Penyimpangan Perilaku Siswa di SMPN 26 Surabaya, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakulltas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Pembimbing I Dr. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag Pembimbing II Drs. Abdul Manan, M.Pd.I Penelitian ini membahas implementasi pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mencegah penyimpangan perilaku siswa di SMPN 26 Surabaya. Fokus utama penelitian adalah bagaimana guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pendidikan agama Islam untuk membangun karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung kelapangan, wawancara secara mendalam dengan guru, orangtua dan siswa yang mengikuti pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dilakukan melalui berbagai program seperti tadarus Al-Qur'an, shalat dhuha berjamaah, dan kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan. Program-program ini berhasil menanamkan nilai moral dan spiritual yang signifikan dalam mengurangi perilaku menyimpang seperti kenakalan remaja dan ketidakdisiplinan. Dengan demikian, pendidikan agama Islam dan budi pekerti berperan penting dalam membentuk generasi muda yang berkarakter dan berakhlak mulia. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah ini terbukti mampu mengurangi perilaku menyimpang seperti ketidakdisiplinan, perundungan (bullying), dan pelanggaran tata tertib lainnya. Evaluasi terhadap implementasi ini dilakukan secara berkelanjutan melalui pengamatan perilaku siswa, umpan balik dari guru, serta keterlibatan orang tua. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membangun generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia dan nilai spiritual yang kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Syahrina Nurulemberdes993@gmail.com06030121083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com.2008117102
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Persepsi Guru
Remaja
Keywords: Implementasi pendidikan agama Islam dan budi pekerti; penyimpangan perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izzah Nurul
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:53
Last Modified: 13 Jan 2025 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75481

Actions (login required)

View Item View Item