Pengaruh media pembelajaran mistery box terhadap minat belajar siswa pada materi siklus air kelas V MI NU Wedoro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Assyifa, Habibah Shofiyah (2025) Pengaruh media pembelajaran mistery box terhadap minat belajar siswa pada materi siklus air kelas V MI NU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habibah Shofiyah Assyifa_06010721039 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Habibah Shofiyah Assyifa_06010721039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar siswa kelas V di MI NU Wedoro Sidoarjo pada mata pelajaran IPAS yang masih tergolong rendah hal tersebut dibuktikan dengan kurangnya antusiasme siswa selama proses pembelajaran, dan guru masih menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab pada saat pembelajaran IPAS. Guru juga jarang menggunakan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mistery box terhadap minat belajar siswa materi siklus air di kelas V MI NU Wedoro Sidoarjo.tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Wedoro Sidoarjo dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB) yang berjumlah 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan minat yang dibuktikan dengan uji independent sample t-test yaitu nilai sig (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat sebelum pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 63, 04, sedangkan kelas kontrol sebesar 64,76. Rata-rata minat setelah pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 85,62, sedangkan pada kelas kontrol 78,20. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 60,48 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 37,39 (kurang). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pada penggunaan media pembelajaran mistery box terhadap minat belajar siswa pelajaran IPAS materi siklus air di kelas V MI NU Wedoro Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Assyifa, Habibah Shofiyahhabibahsofiyah863@gmail.com06020721039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmaol.com2007047501
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media pembelajaran mistery box; minat belajar siswa; Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Habibah Shofiyah Assyifa
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:30
Last Modified: 14 Jan 2025 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75533

Actions (login required)

View Item View Item