Pengaruh penggunaan media Canva terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zidan, Muhammad Zainuddin (2024) Pengaruh penggunaan media Canva terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zainuddin Zidan_06020121061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2028.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Zainuddin Zidan_06020121061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Canva dikenal sebagai aplikasi grafik desain berbasis internet dengan menyajikan banyak contoh format desain untuk keperluan presentasi, media sosial, animasi dan video. Dalam menu fitur presentasi, terdapat banyak pilihan dengan tema pendidikan, bisnis, hewan dan masih banyak lagi. Melalui aplikasi tersebut, pembelajaran di kelas dapat dimaksimalkan dengan media pembelajaran yang mendorong guru maupun siswa untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif. Kajian dalam penelitian ini meliputi (1) penggunaan media Canva dalam pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, (2) motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, serta (3) pengaruh penggunaan media Canva terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Penelitian ini termasuk dalam kategori Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif, di mana data yang diperoleh berasal dari kuesioner yang disebarkan menggunakan teknik random sampling. Untuk menganalisis data, digunakan dua metode analisis, yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Pada tahap analisis inferensial, terdapat dua langkah penting, yaitu uji prasyarat dan pengujian hipotesis, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan media pembelajaran Canva terhadap motivasi belajar siswa di kelas 7A yang berfungsi sebagai kelas kontrol dan kelas 7B sebagai kelas eksperimen di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Hasil penelitian ini meliputi (1) media pembelajaran Canva untuk PAI siswa kelas 7B di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur adalah dengan cara guru membagi siswa ke dalam empat kelompok terlebih dahulu. Setelah itu, setiap kelompok akan diberikan bagian materi masing-masing. Sebelum siswa mengerjakan, guru memperlihatkan salah satu contoh hasil pengerjaan Canva sehingga mereka mendapatkan gambaran untuk mengerjakan. Setelah selesai mengerjakan, setiap kelompok secara bergantian menyajikan hasil dari diskusi mereka, (2) Siswa kelas 7A sebagai kelas kontrol memiliki skor motivasi belajar PAI rata-rata 15,85, sedangkan siswa kelas 7B sebagai kelas eksperimen memiliki skor 18,09; ini menunjukkan bahwa siswa kelas 7B sebagai kelas eksperimen memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi untuk menggunakan media pembelajaran Canva daripada siswa kelas 7A sebagai kelas kontrol, (3) siswa kelas 7B sebagai kelas eksperimen menunjukkan persepsi positif terhadap media pembelajaran Canva dalam pembelajaran PAI. Siswa tertarik dalam menggunakan media pembelajaran Canva dalam pembelajaran PAI. Hal tersebut dikarenakan dapat membawa dampak positif terhadap semangat belajar, konsentrasi dan mengurangi rasa bosan apabila dibandingkan dengan media pembelajaran lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zidan, Muhammad Zainuddinmzainuddinzidanindonesia@gmail.com06020121061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin7172@gmail.com2015087202
Thesis advisorSyafi'i, ImamImamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Belajar
Internet
Minat Siswa
Keywords: Media Canva; motivasi belajar; peserta didik; pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Zainuddin Zidan
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:49
Last Modified: 14 Jan 2025 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75539

Actions (login required)

View Item View Item