This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bidari, Ratna Ayyu (2024) Pengembangan Media Smart Book IPAS dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar pada peserta didik MI Miftahul Huda Karangrejo Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ratna Ayyu Bidari_06020721058 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ratna Ayyu Bidari_06020721058 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 16 January 2027. Download (3MB) |
Abstract
Setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan karakteristik tersebut salah satunya terletak pada perbedaan gaya belajar. Perbedaan karakteristik peserta didik dapat terfasilitasi melalui pembelajaran berdiferensiasi. Pengadaan sumber belajar yang menfasilitasi perbedaan gaya belajar dari peserta didik akan dapat membantu peserta didik dalam menyerap, menerima, maupun mengolah informasi dengan lebih baik sebab mereka akan belajar sesuai dengan cara terbaik yang mereka miliki. Pengadaan sumber belajar salah satunya dapat berupa pengembangan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Media pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai lebih optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Smart Book IPAS materi kegiatan ekonomi dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar pada peserta didik MI Miftahul Huda Karangrejo Manyar Gresik, mendeskripsikan kelayakan media Smart Book IPAS materi kegiatan ekonomi dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar pada peserta didik MI Miftahul Huda Karangrejo Manyar Gresik, serta untuk mendeskripsikan efektivitas media Smart Book IPAS materi kegiatan ekonomi dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar pada peserta didik MI Miftahul Huda Karangrejo Manyar Gresik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research & Development (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang merupakan kependekan dari Define, Design, Develop, Disseminate. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa catatan lapangan, angket validasi, angket kepraktisan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media Smart Book IPAS dilakukan sesuai dengan tahapan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Kelayakan produk mendapatkan hasil sangat valid dari ahli materi dan ahli media, selain itu kelayakan produk juga didapat melalui uji kepraktisan dari pengisian angket yang diisi oleh peserta didik. Hasil perhitungan angket menunjukkan hasil sangat praktis sehingga produk sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan Efektivitas media Smart Book IPAS menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas yang menggunakan media Smart Book dengan kelas yang tidak menggunakan media Smart Book sehingga media Smart Book terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar terhadap materi kegiatan ekonomi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Sumber Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; Smart Book; Gaya Belajar. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Ratna Ayyu Bidari | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 02:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 02:16 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75589 |
Actions (login required)
View Item |