Analisis faktor pengaruh preferensi belanja konsumen di pasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailaturrohmah, Faizah (2024) Analisis faktor pengaruh preferensi belanja konsumen di pasar tradisional dan pasar modern Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizah Lailaturrohmah_G91218073.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Faizah Lailaturrohmah_G91218073_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena pergeseran pola konsumsi belanja masyarakat dari pasar tradisional ke pasar modern tidak terlepas dari pesatnya pertumbuhan pasar modern di perkotaan hingga wilayah desa. Semakin banyak jumlah pasar modern mampu merubah preferensinya atau tetap memilih berbelanja di pasar tradisional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam berbelanja di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total 180 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan paduan metode accidental sampling dan Purposive Sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu model persamaan struktural PLS-SEM menggunakan aplikasi Smart-PLS 4.1.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pasar tradisional : 1) Variabel harga memiliki nilai t-statistics 3,257 lebih besar dari nilai t-tabel 1,96 sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja. 2) Pada variabel pendapatan memiliki nilai t-statistics 1,509, variabel kualitas produk memiliki nilai t-statistics 0,626, variabel lokasi memiliki nilai t-statistics 0,412 dan variabel jam operasional memiliki nilai t-statistics 0,609 sehingga tiga variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja karena nilai t-statistics kurang dari nilai t-tabel 1,96. Sementara, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pasar modern : 1) Variabel harga memiliki nilai t-statistics 3,155, variabel kualitas produk memiliki nilai t-statistics 2,998, variabel lokasi memiliki nilai t-statistics 4,117, sehingga disimpulkan tiga variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di pasar modern. 2) Variabel pendapatan memiliki nilai t-statistics 0,600 dan vaiabel jam operasional memiliki nilai t-statistics 0,565 sehingga dua variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di pasar Modern. Adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan di masa yang akan datang bagi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo atau pihak lain tentang pengelolaan pasar modern dan pasar tradisional. Selanjutnya, pedagang dapat menerapkan pemahaman preferensi konsumen sebagai strategi pengembangan usaha yang lebih baik dimasa depan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailaturrohmah, Faizahfaizahlaila22@gmail.comG91218073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nuruln.lathifah@uinsa.ac.id0728058901
Subjects: Ekonomi
Keywords: Preferensi konsumen; pasar tradisional; pasar modern
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Faizah Lailaturrohmah
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:35
Last Modified: 14 Jan 2025 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75614

Actions (login required)

View Item View Item